Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

PPKM Jabodetabek Diperpanjang, Ini Aturan yang Berlaku

Nasional DKI Jakarta Virus Korona PPKM Jawa-Bali PPKM Level 2 Omicron Varian Omicron
Kautsar Widya Prabowo • 25 Januari 2022 09:06
Jakarta: Pemerintah kembali memperpanjang pemberlakuaan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Hal itu menyusul melonjaknya kasus penyebaran covid-19 varian Omicron.
 
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal mengatakan status Jabodetabek masih berada di level 2. Tidak ada perubahan aturan selama perpanjangan PPKM.
 
"Indikator yang digunakan dalam melakukan penilaian daerah masih sama dengan pengaturan PPKM sebelumnya yaitu menggunakan Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan," ujar Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa, 25 Januari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan aturan pendukung PPKM tidak berubah di wilayah Jabodetabek. Seperti pembelajaran tatap muka (PTM) tetap berpedoman Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.
 
Aturan itu mengizinkan PTM digelar dengan diikuti peserta didik 100 persen dengan memenuhi sejumlah aturan yang berlaku. Kemudian pekerja non-esensial di wilayah level 2 diizinkan bekerja dari kantor (WFO) sebanyak 50 persen dan sektor esensial maksimal pekerja WFO 75 persen.
 
Selain itu, sektor ritel,  seperti supermarket di wilayah level 2 dapat beroperasi maksimal 75 persen. Pasar rakyat di level 2 dapat beroperasi sampai dengan pukul 18.00 WIB dengan maksimal pengunjung 75 persen.
 
Selanjutnya, mal dan pusat perbelanjaan di level 2 dapat beroperasi sampai pukul 21.00 WIB dengan kapasitas pengunjung maskimal 50 persen. Lalu bioskop di level 2, kapasitas penonton maksimal 70 persen dengan tetap mengoptimalkan aplikasi PeduliLindungi baik di mal dan bioskop.
 
Ketentuan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) tentang PPKM yang tertuang dalam Inmendagri Nomor 5 Tahun 2022 untuk PPKM Jawa-Bali. Perpanjangan PPKM mulai diberlakukan pada 25 sampai dengan 31 Januari 2022.
 
Baca: PPKM Diperpanjang, DKI Jakarta Masih Level 2
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif