Menakar efektivitas ganjil genap saat mudik. Foto: Dok/Metro TV
Menakar efektivitas ganjil genap saat mudik. Foto: Dok/Metro TV

Menakar Efektivitas Sistem Ganjil Genap saat Mudik

Nasional Mudik Lebaran sistem ganjil genap Lebaran 2022
MetroTV • 29 April 2022 11:15
Jakarta: Memasuki H-4 Lebaran, pemerintah memberlakukan aturan one way dan ganjil genap. Aturan tersebut mulai diberlakukan dari ruas Tol Jakarta-Cikampek KM 47 hingga Gerbang Tol Kalikangkung KM 414. Pakar Transportasi Djoko Setidjowarno menilai aturan ini cukup efektif, khususnya ganjil genap.
 
“Sebagian (pelanggar ganjil genap) dikeluarkan ke jalan non tol ya, karena jalan non tol ini juga relatif lancar,” tutur Djoko dalam tayangan Top News di Metro TV, Kamis, 28 April 2022.
 
Selain memberlakukan aturan lalu lintas, pemerintah juga mengimbau agar masyarakat berangkat mudik lebih awal guna menghindari kemacetan. Namun, Joko mengatakan beberapa pemudik sudah mulai berangkat sejak Jumat pekan lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Joko juga menegaskan bahwa puncak arus mudik tidak dapat dihindari. Ia memprediksi puncak arus mudik terjadi selama dua hari yaitu Kamis, 28 April 2022 dan Jumat, 29 April 2022.
 
“Hari ini kan ASN (Aparatur Sipil Negara) baru mulai libur, jadi nanti biasanya besok pagi atau malam ini mulai bergerak,” ujar Djoko. (Hana Nushratu)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif