Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nursodik Gunarjo (kanan). Dok. Kominfo
Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nursodik Gunarjo (kanan). Dok. Kominfo

Kominfo Dorong Pejuang Informasi Perbanyak Konten Mendidik hingga Membangun Nasionalisme

Achmad Zulfikar Fazli • 14 Juni 2024 13:27
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendorong pejuang informasi menyebarkan Konten Governance Public Relations (GPR) dengan mengedepankan prinsip educating (mendidik), empowering (memberdayakan), enlightning (mencerahkan), serta membangun nasionalisme (3E+1N). Misalnya, dalam produksi konten berita, keberhasilan atau kendala harus disampaikan dengan baik menggunakan narasi santun.
 
Hal ini dikatakan Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal (Ditjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nursodik Gunarjo saat membuka kegiatan Jadi Pintar Bareng Kominfo (Jarkom) bertajuk “Merawat Indonesia dengan Berita Mencerahkan” di Puncak Waringin, Labuhan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
 
Dia menyampaikan berita maupun konten di media sosial yang positif dibutuhkan sebagai bentuk tanggung jawab untuk berkontribusi mencegah masifnya berita-berita tidak baik.

“Jika tidak rajin mengunggah berita-berita baik, maka konten yang menguasai algoritma pemberitaan itu konten yang tidak baik. Ini bukan hanya soal tanggung jawab saja, tetapi juga dapat berkontribusi sebagai orang baik yang aktif mengunggah berita baik,” ujar Nursodik dalam keterangan tertulis, dilansir pada Jumat, 14 Juni 2024.
 
Nursodik menegaskan ada potensi besar yang harus dimanfaatkan untuk menghasilkan berita-berita baik. Misalnya, kemudahan akses ke kepala daerah untuk memperoleh informasi bersifat A1. 
 
Namun, Nursodik mengingatkan prinsip jurnalistik 5W+1H tetap harus disertakan dalam membuat berita atau konten. 
 
Baca Juga: Biar Kreatif Sejak Dini, Kuasai dan Update Kecakapan Digital

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur (NTT), Paulus Setahu, menyambut positif pelaksanaan kegiatan Jarkom. Sebagai kabupaten dengan luas 9.640 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 275.903 jiwa, Kabupaten Manggarai Barat mempunyai potensi pariwisata Labuhan Bajo. Berita maupun informasi yang baik tentu dibutuhkan untuk mendukung pengembang pariwisata Labuhan Bajo.
 
“Manfaat besar dari kegiatan ini sangat dirasakan untuk kami dalam mengelola pemberitaan yang mencerahkan dan bermanfaat. Semoga tahun depan Kominfo bisa kembali melaksanakan kegiatan serupa di Labuhan Bajo Kabupaten Manggarai Barat,” ujar Paulus.
 
Dalam kesempatan yang sama, Redaktur Pelaksana Portal Berita Info Publik, Taofiq Rauf mengingatkan para pengelola komunikasi di daerah, khususnya yang tergabung dalam jaringan Infopublik (Media Center Daerah) yang juga disebut sebagai pejuang informasi, perlu membuat pemberitaan atau konten yang memiliki nilai-nilai bermanfaat kepada masyarakat.
 
“Oleh karenanya, kita hendaknya bisa memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat. Adalah tanggung jawab kita untuk membuat berita atau konten yang baik dan positif,” jelas Taofiq.
 
Menurut dia, hal ini perlu mengingat cara-cara manipulatif dan menyihir orang percaya berdasarkan prinsip-prinsip di luar penalaran dan akal sehat semakin tumbuh subur. Imbasnya, kebenaran, fakta, dan bukti tidak terlalu penting sepanjang narasi, cerita, dan pemikiran diterima berdasarkan kesamaan pandangan, pikiran, dan keyakinan.
 
Di sisi lain, Taofiq menyatakan di era kian masifnya media sosial, masyarakat merupakan konsumen, produsen, sekaligus distributor informasi. “Publik bisa diajak berpartisipasi mengunggah berita-berita baik dari daerah melalui media sosial miliknya,” kata Taofiq.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(AZF)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan