Diskusi Perspektif Indonesia. (Foto:Achmad Zulfikar)
Diskusi Perspektif Indonesia. (Foto:Achmad Zulfikar)

Serikat Guru: Penghentian Sementara Kurikulum 2013 Tepat

Nasional kurikulum 2013
Achmad Zulfikar Fazli • 13 Desember 2014 10:40
medcom.id, Jakarta: Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan menghentikan sementara penerapan kurikulum 2013 dinilai tepat. Ketua Federasi Serikat Guru Indonesia Retno Listiyarti mengatakan, permasalahan pendidikan di Indonesia sebenarnya tidak dapat diselesaikan hanya dengan mengubah kurikulum semata.
 
Pasalnya, Retno mengatakan, Indonesia seharusnya terlebih dahulu membenahi kualitas pengajarnya, agar kualitas pendidikan di Indonesia ini bisa lebih meningkat.
 
"Serikat guru Indonesia sejak awal menolak, habisnya kualitas pendidikan kita yang sudah akut tidak bisa diubah dengan kurikulum. Seharusnya guru kita yang di benahi (kualitasnya)," kata Retno dalam diskusi perspektif Indonesia dengan topik 'Mencari Kurikulum yang Maksimum' di Gado-Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Jakarta Pusat, Sabtu (13/12/2014).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kualitas guru yang buruk, lanjutnya, terlihat pada uji kompetensi guru yang dilakukan pemerintah beberapa waktu lalu. Menurut dia, ketika itu rata-rata nilai yang diperoleh guru cenderung rendah.
 
"Uji kompetensi guru yang dilakukan pemerintah dengan sistem UKG itu hasilnya juga guru nilainya rendah hanya 4,3. Padahal guru itu ibaratnya sebagai supir. Nah, kalau gurunya kualitasnya jelek nanti akan berantakan jalannya, tabrak-tabrakan terus dong," pungkas dia.
 
Selain itu, penerapan Kurikulum 2013 ini pun menurutnya dilakukan secara mendadak, serta tidak didukung dengan pemberian pelatihan yang cukup terhadap guru.
 
"Ini ketika masih gonjang ganjing langsung diterapkan di 100 persen sekolah. Guru dihebohkan dengan kurikulum ini. Sedangkan guru dilakukan pelatihan secara mendadak itu pun hanya lima hari," tandas dia.
 
(LOV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif