Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal
Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal

Kelompok Anarko Diduga Dalang Kerusuhan di Bandung

Nasional Revisi UU KPK demo mahasiswa Demonstrasi Mahasiswa
Cindy • 24 September 2019 16:21
Jakarta: Polisi menyebut kelompok Anarko menjadi dalang kerusuhan demo di Bandung, Jawa Barat. Kelompok itu memprovokasi pedemo agar bentrok dengan polisi.
 
"Sehingga ada sembilan orang anggota polisi yang terluka kepalanya itu terkena lemparan batu," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 24 September 2019.
 
Menurut dia, Bandung memang rawan dengan aksi anarkistis dari kelompok Anarko. Hal yang sama terjadi di Jakarta. Dedi menyebut vandalisme pada dinding Gedung DPR ulah kelompok Anarko.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Anarko sudah main. Kelompok keras itu pasti akan memanfaatkan situasi ini," ucap jenderal bintang satu itu.
 
Ribuan mahasiswa berdemo menolak Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) dan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin, 23 September 2019. Aksi yang semula damai berujung ricuh.
 
Sementara itu, kelompok Anarko Sindikalisme menjadi buah bibir pada peringatan Hari Buruh Internasional, Rabu, 1 Mei 2019. Mereka menyusup pada demo di sejumlah wilayah. Kelompok ini memprovokasi massa hingga melancarkan vandalisme.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif