Ilustrasi pelaksaan Pilkades. Foto: Dok. MI
Ilustrasi pelaksaan Pilkades. Foto: Dok. MI

Seusai Mencoblos Dapat Makan Gratis

Nasional Pilkades
Media Indonesia • 02 Desember 2019 05:53
Tangerang: Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 153 desa di Kabupaten Tangerang, Banten, dikhawatirkan sepi pemilih. Karena itu, untuk mendongkrak partisipasi pemilih, salah satu panitia pilkades di Desa Daru, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, berinisiatif untuk membagi-bagikan kupon makan-minum gratis.
 
Selain itu, panitia juga menyiapkan sepuluh unit angkutan kota yang sengaja disewa dalam pelaksanaan pilkades untuk mengantar pemilih yang tempat tinggalnya agak jauh dari tempat pemungutan suara (TPS).
 
Menurut salah seorang panitia Pilkades Desa Daru, M Nurhiyat, kemarin, kupon makan-minum gratis senilai Rp15 ribu dibagikan kepada pemilih seusai mencoblos di TPS dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasalnya, kata dia, berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan pilpres dan pileg beberapa waktu lalu, tingkat partisipasi pemilih di Desa Daru tergolong sangat rendah.
 
"Ini merupakan inisiatif kami untuk meningkatkan jumlah pemilih. Tidak ada pesan sponsor untuk memilih salah satu kandidat," kata dia.
 
Anggaran yang digunakan untuk memfasilitasi makan-minum dan angkot gratis tersebut, jelas Nurhiyat, diambil dari biaya operasional per TPS. Hanya ketika ditanya berapa besar anggaran yang dibutuhkan untuk makan-minum dan penyediaan angkutan itu, ia enggan berkomentar.
 
Yang penting, kata dia, target panitia untuk mendongkrak jumlah pemilih terealisasi. Adapun jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Daru yang tercapat 27 RT dan 4 kejaroan itu sebanyak 4.728 orang. "Ya, meskipun tidak mencapai 100 persen, harapannya jumlah pemilih di pilkades ini meningkat," kata dia.
 
Untuk memastikan pelaksanaan pilkades di Kabupaten Tangerang berjalan lancar, Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya memonitor pelaksanaan Pilkades serentak 2019. Jika cuaca mendukung, pelaksanaan pilkades serentak selesai satu hari penuh.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif