Sekelompok turis berjalan di Lapangan Tianmen dengan mengenakan masker akibat buruknya kualitas udara -- MARK RALSTON / AFP
Sekelompok turis berjalan di Lapangan Tianmen dengan mengenakan masker akibat buruknya kualitas udara -- MARK RALSTON / AFP

Wow... Stoples Berisi Udara Bersih Laku Rp 9,7 Juta di Tiongkok

Nasional polusi tiongkok
Willy Haryono • 10 April 2014 15:04
medcom.id, Beijing: Seorang seniman asal Beijing, Tiongkok, Liang Kegang, baru saja kembali dari perjalanan bisnis di Prancis. Ia kembali ke negaranya dengan oleh-oleh khusus: sebuah stoples berisi udara bersih.
 
Liang memasang stoplesnya di sebuah pelelangan. Sekitar 100 seniman dan kolektor Tiongkok pun memberikan penawaran, yang akhirnya terjual seharga 5.250 Yuan atau Rp9,7 juta.
 
"Udara seharusnya menjadi komoditas tak ternilai, yang dapat dihirup oleh siapapun, tak terkecuali pengemis dan gelandangan," ucap Liang dalam sebuah wawancara seperti diwartakan AP, Kamis (10/4/2014).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini (toples udara bersih) merupakan cara saya memprotes dan mengekspresikan kekecewaan atas buruknya kualitas udara di Tiongkok," tambah dia.
 
Sejumlah pejabat negara Tiongkok bertekad membersihkan dan mengembalikan kualitas udara, yang belakang banyak mendapat kecaman pihak dalam dan luar negeri. Namun tugas ini tidaklah mudah, karena terkait dengan keseimbangan perkembangan dan stabilitas ekonomi.
 
Pada Februari lalu, 20 seniman Tiongkok mengenakan masker dan berpura-pura mati di taman Heaven sebagai bentuk protes terhadap pemerintah.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif