Ilustrasi. Foto: Branda Antara
Ilustrasi. Foto: Branda Antara

Sebagian Indonesia Diperkirakan Berawan hingga Hujan Ringan

Antara • 27 Mei 2022 08:45
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah Indonesia berawan hingga hujan dengan intensitas ringan pada Jumat, 27 Mei 2022. BMKG memprediksi terdapat gangguan gelombang atmosfer, terutama di wilayah Sulawesi, sebagian wilayah Kalimantan bagian timur, Pulau Jawa, serta Sumatra bagian selatan.
 
"Kondisi ini menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan akan meningkat," demikian pernyataan BMKG dikutip dari Antara, Jumat, 27 Mei 2022.
 
BMKG memantau pola sirkulasi siklonik di wilayah barat daya Banten. Kondisi ini menimbulkan pola konvergensi pertemuan angin di Sumatra bagian selatan dan sebagian wilayah Pulau Jawa. Sehingga, sebagian besar wilayah Sumatra cenderung berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, wilayah Bandar Lampung patut waspada karena berpotensi dilanda hujan dengan intensitas lebat. Lalu, hujan disertai petir berpotensi terjadi di Pekanbaru dan Jambi.
 
Sementara itu, cuaca cerah berawan mendominasi Banda Aceh. Beberapa wilayah pulau Jawa berpotensi hujan ringan, seperti Serang, Yogyakarta, dan Surabaya.
 
Baca: 7 Daerah di NTT Berpotensi Terjadi Karhutla
 
Kemudian, Bandung berpotensi dilanda hujan disertai petir. Sebagian wilayah Jakarta dan Semarang, cuaca dominan berawan.
 
Sebagian besar wilayah di Kalimantan diprediksi berawan. Misalnya, Pontianak, Palangka Raya, Banjarmasin, dan Samarinda. Sementara, Tanjung Selor berpotensi hujan dengan intensitas ringan.
 
Kondisi cuaca di Denpasar diprakirakan cerah berawan. Sementara, Mataram berpotensi diguyur hujan disertai petir. Wilayah Kupang akan dominan berawan.
 
Wilayah Sulawesi diperkirakan dominan hujan dengan intensitas sedang. Mulai Gorontalo, Kendari hingga Makassar.
 
Kemudian, Manado berpotensi hujan disertai petir. Sedangkan, wilayah Mamuju diminta waspada karena terdapat potensi hujan dengan intensitas lebat.
 
Wilayah Indonesia Timur untuk wilayah Ternate berpotensi hujan disertai petir. Sementara, Ambon berpotensi hujan dengan intensitas lebat. Manokwari berpotensi hujan ringan, sementara Jayapura, cenderung cerah berawan.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif