Suasana di salah satu kamar Asrama Haji Pondok Gede. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Suasana di salah satu kamar Asrama Haji Pondok Gede. Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Pemerintah Tambah Fasilitas Karantina untuk Pelaku Perjalanan Internasional

Faustinus Nua • 23 Desember 2021 20:10
Jakarta: Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan lonjakan pelaku perjalanan luar negeri di akhir tahun harus diimbangi dengan ketersediaan fasilitas karantina. Pemerintah menambah lagi dua tempat karantina, yakni Rusun Daan Mogot dan Wisma LPMP Jagakarsa.
 
"Pemerintah telah menambah jumlah fasilitas karantina dan memastikan kapasitasnya tercukupi untuk memenuhi kebutuhan pelaku perjalanan luar negeri," ujar Wiku dalam konferensi pers, Kamis, 23 Desember 2021.
 
Wiku menuturkan saat ini tersedia 4.374 tempat tidur di tempat karantina milik pemerintah. Sementara itu, masih ada cadangan 6.028 tempat tidur di fasilitas tambahan wilayah DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kapasitas fasilitas karantina dinilai masih cukup. Namun, mengingat periode liburan akhir tahun masih berjalan maka persiapan matang harus dilakukan sejak dini.
 
Wiku menyebut saat ini delapan kasus Omicron terkonfirmasi di Indonesia. Terbaru, tambahan tiga kasus, yakni satu warga negara Indonesia (WNI) pelaku perjalanan dari Malaysia dan dua WNI lainnya dari Kongo.
 
Penerapan protokol kesehatan berlapis menjadi keharusan. Sebab tidak ada cara tunggal untuk mengatasi covid-19.
 
Wiku berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan di masa liburan akhir tahun. Dia juga mengimbau WNI tidak ke luar negeri bila tidak ada keperluan mendesak.
 
Baca: Pemerintah Diminta Buka Kembali Asrama Haji untuk Karantina PMI
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif