Ilustrasi penonton bioskop di masa PSBB. (Foto: MI/Adam Dwi)
Ilustrasi penonton bioskop di masa PSBB. (Foto: MI/Adam Dwi)

Jabodetabek Hingga Bali PPKM Level 3, Ini Aturan Terbaru Nonton Bioskop

Patrick Pinaria • 08 Februari 2022 18:10
Jakarta: Pemerintah menaikkan status PPKM di sejumlah wilayah Pulau Jawa-Bali menjadi level 3. Wilayah-wilayah tersebut di antaranya, Jabodetabek, DI Yogyakarta, Bali, Bandung Raya, dan Pulau Bali. Pemberlakuan status ini berlangsung hingga 14 Februari 2022.
 
"Berdasarkan level asesmen saat ini, kami sampaikan bahwa aglomerasi Jabodetabek, DI Yogyakarta, Bali, Bandung Raya, akan ke level 3. Hal ini terjadi bukan akibat tingginya kasus, saya ulangi, bukan akibat tingginya kasus, tetapi karena rendahnya tracing," ujar Luhut lewat konferensi pers virtual pada Senin, 7 Februari 2022.
 
Selama PPKM level 3 berlangsung, terdapat aturan baru yang akan diterapkan. Sejumlah aturan baru ini dibuat lebih terarah untuk kelompok lansia, komorbid, dan kelompok masyarakat belum divaksinasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu aturan baru yang dirilis pemerintah yakni aturan menonton bioskop. Aturan baru ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 9 Tahun 2022. 
 
Setidaknya ada lima poin penting yang ditulis mengenai aturan menonton bioskop. Berikut aturan tersebut: 
1. Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua
pengunjung dan pegawai.
2. Kapasitas maksimal 50 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk, kecuali tidak bisa divaksinasi karena alasan kesehatan.
3. Anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun wajib didampingi orang tua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.
4. Restoran/rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.
5. Mengikuti protokol kesehatan yang diatur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif