ilustrasi bangunan terdampak gempa. Medcom.id
ilustrasi bangunan terdampak gempa. Medcom.id

Kemenag Salurkan Rp1,95 Miliar untuk Rehab Masjid Terdampak Gempa Sumbar

Antara • 14 April 2022 23:43
Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) menyalurkan bantuan sebesar Rp1,95 miliar untuk rehabilitasi 54 masjid dan musala terdampak gempa di Pasaman dan Pasaman Barat, Sumatra Barat. Penyaluran ini merupakan tindak lanjut dari alokasi bantuan senilai Rp2,35 miliar yang disiapkan Kemenag saat terjadi gempa.
 
"Bantuan itu terdiri dari Rp400 juta untuk membantu kelengkapan posko tanggap darurat saat gempa dan Rp1,95 miliar untuk rehab masjid dan musala terdampak yang kita salurkan hari ini," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) Kemenag, Adib, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 14 April 2022.
 
Menurut dia, Kemenag lewat Kanwil Sumbar telah memetakan 54 masjid dan musala yang akan direhabilitasi. Dari laporan yang diterima Adib, renovasi masjid dan musala terdampak dilakukan di dua kecamatan, yakni Talamau dan Pasaman di Kabupaten Pasaman Barat serta Kecamatan Tigo Nagari di Kabupaten Pasaman. Adib mengatakan bantuan tersebut bisa langsung dicairkan para penerima untuk pemanfaatan rehabilitasi masjid dan musala terdampak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bergerak cepat dengan menggandeng Bank Syariah Indonesia atau BSI agar bantuan ini bisa segera dicairkan," kata dia.
 
Baca: Pemprov Sumbar Tak Punya Anggaran Bangun Huntara Korban Gempa Pasaman
 
Menurut dia, penyerahan bantuan ini sebagai wujud kehadiran pemerintah, utamanya Kementerian Agama agar syiar keagamaan di Pasaman dan Pasaman Barat bisa terus bergaung.
 
"Mungkin jumlahnya tidak terlalu besar, tapi ini bagian dari kepedulian, empati, dan kehadiran pemerintah melalui Kementerian Agama di tengah masyarakat terdampak gempa. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif