1.000 perwira lulusan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) dilantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Istimewa
1.000 perwira lulusan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) dilantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Istimewa

1.000 Perwira Lulusan Diktukpa TNI AD Dilantik

Nasional ksad
Fachri Audhia Hafiez • 28 November 2019 01:41
Bandung: Sebanyak 1.000 perwira lulusan Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapaad) dilantik Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa. Pelantikan dihelat dalam upacara Prasetya Perwira (Praspa) Pendidikan Pembentukan Perwira Khusus (Diktukpasus) TNI AD tahun ajaran 2019.
 
"Yang dilantik saat ini terdiri dari 966 prajurit pria dan 34 prajurit Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) di lapangan Wiradhika Secapa Angkatan Darat," kata Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra Wijaya dalam keterangannya di Bandung, Jawa Barat, Rabu, 27 November 2019.
 
Candra menjelaskan, upacara Praspa lulusan Diktukpasus ini merupakan acara puncak dari proses pendidikan pembentukan Perwira TNI AD yang bersumber dari Bintara. Peserta didik telah menjalani pendidikannya selama tiga bulan di Secapaad.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para perwira ini diproyeksikan mengisi jabatan golongan IX dalam pola pembinaan karier Perwira TNI AD. Pola tersebut meliputi Komandan Peleton atau jabatan setingkat di Satuan Tempur, Satuan Bantuan Tempur, dan Satuan Bantuan Administrasi.
 
”Namun, sebelumnya mereka terlebih dahulu akan mengikuti pendidikan lanjutan sesuai kecabangan masing-masing,” ujar Candra.
 
Puncak acara ditandai dengan pengambilan Sumpah Perwira oleh Kasad serta penandatanganan naskah berita acara penyumpahan Perwira. Usai acara, Kasad dan tamu undangan, menyaksikan penampilan Drumband Canka Panorama, dari anggota organik Secapa AD.
 
Dalam kesempatan itu, Kasad juga memberikan penghargaan kepada dua perwira lulusan terbaik atau berprestasi kepada Letda Infanteri Doni Christian dan Letda Kesehatan Militer (Ckm) Emiliana Tris Handayani.
 
Setelah rangkaian upacara digelar, didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Hetty Andika Perkasa, Kasad memberikan pembekalan kepada para perwira yang baru dilantik beserta istri dan keluarga. Candra mengatakan, Kasad juga menekankan agar senantiasa menjaga kesehatan dengan cara berolahraga, dan punya target harus sehat.
 
"Dengan olahraga setiap hari, minimal jalan kaki 1 jam. Ini penting, karena TNI Angkatan Darat akan lebih bagus dan produktif, kalau perwira saya sehat semua," ujar Candra mengutip pernyataan Kasad.
 
Kasad juga berpesan kepada para perwira agar menjadi kepala keluarga yang sukses dan bertanggung jawab. Caranya dengan mengutamakan pembinaan keluarga dan tak melupakan bahkan mengecewakannya.
 
Acara tersebut turut dihadiri Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan; Dankodiklatad Letjen TNI AM Putranto, Irjenad, para Pangkotama Asisten Kasad, Komandan/Direktur/Kepala Balakpus jajaran TNI AD, Danpusdik jajaran Kodiklatad, pengurus Persit Pusat, orang tua dan keluarga para Perwira Muda.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif