Demo Ratusan Driver Grab Berujung Ricuh

Sunnaholomi Halakrispen 29 Oktober 2018 19:27 WIB
grab
Demo Ratusan <i> Driver</i> Grab Berujung Ricuh
Kerusuhan mitra driver Grab di Gedung Lippo Kuningan, Jakarta Selatan. Medcom.id/ Sunnaholomi Halakrispen,
Jakarta: Demo ratusan mitra driver Grab di kantor Grab, Gedung Lippo Kuningan, Jakarta Selatan, berlangsung ricuh. Penanggung jawab aksi, Wiwit Sudarsono mengatakan pedemo hanya ingin bertemu dengan Direktur Pelaksana Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata.

"Kita datang baik-baik mengharapkan Pak Ridzki datang menemui kita. Kita ingin menyampaikan tuntutan kita," ujar Wiwit kepada Medcom.id di lokasi, Senin, 29 Oktober 2018.

Wiwit mengaku kericuhan yang terjadi lantaran pedemo kesal dengan janji manis Ridzki yang tidak pernah dipenuhi. Ridzki berjanji untuk menemui para driver namun tidak ditepati.


"Sempat ada aksi saling dorong dengan aparat kepolisian. Soalnya diinfokan Pak Ridzki bisa ditemui jam 12.00 WIB tapi tidak ada, kemudian jam 14.00 WIB, janji terus tapi enggak ada orangnya. Ya kami kesal," ujar dia.

Tim kepolisian pun berusaha mengamankan massa aksi yang sempat saling dorong. Namun upaya saling dorong tersebut terlalu kuar sehingga menyebabkan kaca Gedung Lippo Kuningan pecah.

Lebih lanjut dia menambahkan para pedemo akan tetap menunggu Ridzki hingga bersedia menemui mitra driver Grab. Dia bilang setidaknya ada tujuh tuntutan yang dilayangkan ke pengurus Grab di antaranya:

1. Open suspend bagi mitra individual tanpa syarat
2. Penentuan tarif dan skema yang manusiawi
3. Setop monopoli dan diskriminasi order (order prioritas)
4. Wujudkan kemitraan usaha yang profesional, adil, dan transparan
5. Setop pemotongan pajak ilegal
6. Setop penerimaan mitra baru (moratorium)
7. Wujudkan perlindungan maksimal bagi mitra pengemudi 

"Kami akan terus di sini sampai Pak Ridzki mau menemui kami. Apapun yang Pak Ridzki katakan (respon terkait tuntutan), akan kami terima kok. Jadi tidak usah takut karena kami datang dengan niat baik," pungkas dia

Sebelumnya di sosial media beredar video kerusuhan demo para mitra driver Grab. Terlihat aksi saling dorong antarapedemo dan kepolisian yang sempat  menembakkan gas air mata.




(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id