Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi.
Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi.

Jokowi Kaget Warga Cikarang Belum Terima Sertifikat Tanah

Nasional sertifikat tanah gratis
Dheri Agriesta • 25 Januari 2019 18:45
Cikarang: Presiden Joko Widodo membagikan ribuan sertifikat tanah gratis di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Namun, Jokowi kaget ternyata masih ada warga yang belum menerima sertifikat tersebut.
 
Hal itu terungkap saat Jokowi memanggil dua warga ke atas panggung untuk menanyakan perbedaan kelancaran mengurus sertifikat dulu dan sekarang.
 
salah satu warga, Marliah, mengaku belum menerima sertifkat tanah yang sudah lama dia urus. Petani yang juga berprofesi sebagai guru itu mengaku mengurus sertifikat atas tanah seluas 500 meter.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bikin SPT saja lama Pak, satu tahun baru kelar. Saya ke sini mau ambil sertifikatnya," kata Marliah saat berbincang dengan Jokowi di Cikarang, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Jokowi kaget dan memastikan kembali pernyataan Marliah. Marliah malah menagih kembali sertifikatnya.
 
Sontak, Jokowi memanggil Menteri Agraria Tata Ruang Sofyan Djalil yang sedang duduk bersama pejabat Badan Pertanahan Nasional (BPN). Ia meminta Sofyan mengecek sertifikat tanah milik Marliah.
 
Kepala Negara menanyakan secara rinci alamat Marliah. Marliah menjawab dirinya merupakan warga Kecamatan Tambun Utara. Jokowi kemudian menagih sertifikat Marliah kepada Menteri ATR dan pejabat BPN setempat.
 
"Janji berapa hari? Janjinya ke saya, bukan Bu Marliah," tegas Jokowi.
 
Salah satu pejabat BPN yang berdiri di sebelah Sofyan Djalil berjanji segera menerbitkan sertifikat itu. "Satu minggu selesai, Pak," kata dia.
 
Baca: Presiden Bagikan 40.172 Sertifikat Tanah di Tangsel
 
Jokowi mengaku bersyukur turun ke lapangan seperti ini. Sehingga, ia bisa memastikan program yang dibikin pemerintah berjalan sesuai rencana. "Kalau ke saya blak-blakan saja, Pak belum jadi, kalau saya enggak ke sini ya enggak tahu, syukur Bu Marliah tadi berani maju," pungkas Jokowi.
 

 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi