Presiden Joko Widodo mengunjungi Benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Presiden Joko Widodo mengunjungi Benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Presiden Minta Benteng Van den Bosch Dipugar

Nasional jokowi situs sejarah
Dheri Agriesta • 01 Februari 2019 12:51
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengunjungi Benteng Van den Bosch di Ngawi, Jawa Timur. Setelah berkeliling, Presiden langsung memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuldjono untuk memugar Benteng itu.
 
Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo sempat berkeliling di sekitar benteng. Jokowi juga mendengarkan penjelasan dari pejabat setempat tentang kondisi benteng itu.
 
"Tahun ini akan segera kita revitalisasi (pugar) sehingga peninggalan-peninggalan ini harus kita rawat," kata Jokowi di Benteng Van den Bosch, Ngawi, Jawa Timur, Jumat, 1 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Usai berkeliling dan mendengar penjelasan, Jokowi menelepon Menteri Basuki. Ia meminta Basuki langsung mengerjakan pemugaran benteng tahun ini.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap pemugaran dapat meningkatkan nilai wisata Benteng tersebut. Sehingga, lokasi ini menjadi semakin menarik dan dikunjungi masyarakat.
 
Pemugaran benteng akan dibagi dalam dua tahap. Ia berharap, pemugaran seluruh kawasan benteng selesai pada 2020.
 
(Baca juga:Warga Sidoarjo Tak Sengaja Temukan Situs Sejarah)
 
"Karena untuk merestorasi bangunan seperti ini ada kaidah-kaidah kepurbakalaan yang harus diikuti. Tidak bisa cepat-cepat kayak bangun bangunan yang lain," kata Presiden.
 
Ia yakin Kementerian PUPR bisa langsung mengerjakan pemugaran bangunan peninggalan Belanda ini. Toh, Indonesia memiliki banyak ahli yang mengerti tentang pemugaran bangunan Belanda.
 
"Ini jago-jagonya sudah banyak yang bisa revitalisasi ini," kata Jokowi.
 
Jokowi tak cuma berkeliling di Benteng Van den Bosch. Kepala Negara bersama Ibu Negara dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung sempat meminum kopi di salah satu sudut benteng.
 

 

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif