Pendakwah Syekh Ali Jaber. ANT
Pendakwah Syekh Ali Jaber. ANT

Mengenang Syekh Ali Jaber, Cinta Indonesia dan Pencetak Banyak Penghafal Alquran

Nasional Obituari Ali Jaber
Muhammad Syahrul Ramadhan • 14 Januari 2021 11:11
Jakarta: Pendakwah Syaikh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber diketahui sangat mencintai Indonesia meski lahir di Madinah, Arab Saudi. Ini dibuktikan dengan statusnya sebagai warga negara kehormatan sejak 2011.
 
Dalam video yang diunggah kanal YouTube Muslim-Saluran Dakwah, sosok yang akrab disapa Syekh Ali Jaber ini menceritakan bagaimana ia bertanggung jawab membawa masyarakat Indonesia menjadi para penghafal Alquran. Lebih dari itu, ia ingin masyarakat Indonesia bersatu.
 
“Masyarakat harus bersatu. Mewujudkan umat Islam sebagai penghafal Alquran. Membawa nama Indonesia. Wajib menjaga nama baik, menjadi contoh baik,” ucap Syekh Ali Jaber dikutip dari kanal Muslim-Saluran Dakwah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bahkan, saking cintanya, ia sampai mengerti bagaimana sifat orang Indonesia. Ia menyebut orang Indonesia itu tidak suka yang ribet-ribet, termasuk dalam amalan ibadah dan zikir.
 
“Maka, saya selalu berusaha dalam dakwah. Selalu memberi yang mudah, tidak yang susah-susah. Orang Indonesia nggak suka. Orang Indonesia maunya mudah, mudah diingat, mudah dihafalkan, mudah diamalkan, masuk surga,” ucapnya.
 
Ia pun bersyukur, sebagai warga Indonesia, ia bisa ke Palestina. Sebab, ketika masih menjadi warga Arab Saudi, tidak boleh menginjakkan kaki ke tanah Palestina.
 
“Anugerah nikmat saya bisa ke Palestina. Selama masih warga negara Arab, saya tidak bisa ke Palestina. Bahkan, dapat karunia dari Allah, pertama ke Palestina kenal imam besar Masjidil Aqsa. Beliau dorong saya jadi imam sholat Magrib dan Isya,” terangnya.
 
Syekh Ali Jaber mengungkapkan bahwa semangat wargalah yang membuatnya jatuh cinta kepada Indonesia. Ia pun mengungkapkan bahwa saking cintanya, ia pulang kampung menggunakan paspor Indonesia, bukan paspor Arab.
 
Baca: Pendakwah Syekh Ali Jaber Wafat
 
Namun, hari ini, kabar duka datang dari sosok yang sangat mencintai Indonesia itu. Pendakwah Syekh Ali Jaber meninggal. Kabar duka ini diunggah melalui akun Instagram Yayasan Syekh Ali Jaber.
 
"Innalilahi wa Inna ilaihi raji'un, kami berduka atas wafatnya Syaikh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber, guru dan dai ilallah," tulis akun tersebut.
 
Dalam unggahan itu disebutkan, almarhum meninggal di Rumah Sakit Yarsi pada pukul 08.38 WIB, Kamis, 14 Januari 2021. Belum diketahui penyebab wafatnya pendakwah tersebut.
 
"Kita ikhlaskan kepulangan beliau kepada rabbnya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau, semoga diterima segala amal shaleh beliau," tulis unggahan tersebut.
 
Sebelumnya, Syekh Ali Jaber sempat menjalani perawatan akibat terpapar covid-19 pada Selasa, 29 Desember 2020. Kondisinya sempat dinyatakan membaik.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif