Jokowi minta perang Ukraina dihentikan. Foto: Dok/Metro TV
Jokowi minta perang Ukraina dihentikan. Foto: Dok/Metro TV

Di KTT ASEAN-AS Jokowi Minta Perang di Ukraina Dihentikan

Nasional KTT ASEAN presiden joko widodo Rusia-Ukraina ASEAN-AS
MetroTV • 14 Mei 2022 21:21
Washington DC: Presiden RI Joko Widodo mengikuti pertemuan para pemimpin negara ASEAN dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris pada Jumat, 13 Mei waktu setempat. Sejumlah hal disampaikan Presiden Jokowi, termasuk permintaan agar perang di Ukraina dihentikan sekarang juga.
 
Sebagai Koordinator Kemitraan ASEAN-AS Presiden Joko Widodo mengungkap beberapa hal yang dapat dijalin lewat kerja sama, termasuk menanggulangi dampak krisis Ukraina-Rusia. Menurutnya, perang di Ukraina telah menciptakan tragedi kemanusiaan dan memperburuk perekonomian dunia yang bahkan belum pulih pascapandemi.
 
Presiden Jokowi kemudian menyebut perang di Ukraina telah melemahkan multilateralisme. Perang tersebut berpotensi memecah belah bangsa dan tidak menguntungkan pihak manapun. Karena itu, ia meminta agar perang segera dihentikan. Ia mengingatkan bahwa setiap negara bertanggung jawab untuk menciptakan perdamaian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Perang harus segera diakhiri. Bapak presiden mengingatkan setiap negara memiliki tanggung jawab untuk menciptakan enabling environment agar perdamaian dapat terwujud,” ujar Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dalam tayangan Primetime News, Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Selain itu, Presiden Jokowi juga mengungkap sejumlah hal yang dapat dijalin lewat kerja sama terkait pencegahan pandemi, seperti melalui dukungan investasi, kerja sama riset, transfer teknologi, dan akses ke bahan baku produksi. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif