Kapolri Jenderal Tito Karnavian - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - Medcom.id/Ilham Wibowo.

Kapolri Pastikan Indonesia Aman Pascaputusan MK

Nasional Sidang Sengketa Pilpres 2019
Cindy • 28 Juni 2019 15:41
Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyambut baik sidang putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) berjalan lancar. Tito memastikan usai putusan seluruh wilayah Indonesia aman.
 
"Saya berterima kasih kepada semua pihak sehingga proses ini berjalan dengan lancar dari sudut keamanan," kata Tito di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 28 Juni 2019.
 
Dia menuturkan pesan damai dari kedua pasangan calon Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait hasil putusan MK membuat situasi aman. Ini harus disambut baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya menangkap pesannya perdamaian, ketenangan dan merajut kembali persatuan. Pesan seperti ini yang harus kita hormati daripada kontestan yang memiliki kekuatan hukum," ucap Tito.
 
Tito meminta masyarakat menghormati keputusan MK. Putusan Mahkamah bersifat final dan mengikat.
 
(Baca juga:Polisi Minta FPI Hormati Putusan MK)
 
Dia juga mengapresiasi pedemo di depan Patung Kuda Arjuna Wiwaha yang berjalan tertib. Massa meninggalkan lokasi demo sebelum pukul 18.00 WIB.
 
"Saya memberikan penghargaan kepada masyarakat yang menyampaikan pendapat dilakukan tertib tidak melanggar hukum dan dilaksanakan sesuai waktu yg tepat," ucap dia.
 
MK menolak seluruh gugatan kubu Prabowo-Sandiaga. Pasangan Jokowi-Ma'ruf sah menjadi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.
 
"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 27 Juni 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif