Ilustrasi Laut Natuna Utara. Foto: ANT/Risyal Hidayat
Ilustrasi Laut Natuna Utara. Foto: ANT/Risyal Hidayat

TNI Jaga Tiga Titik Bermasalah Perbatasan Perairan Indonesia

Nasional Laut Natuna Utara
Cindy • 25 Januari 2020 07:35
Jakarta: Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI AL Muhammad Ali mengatakan pihaknya tengah sibuk menjaga tiga titik bermasalah (trouble spot) di sejumlah perairan Indonesia, di antaranya di Laut Natuna Utara, Papua, dan Ambalat.
 
"Jadi Sekarang kita sedang sibuk menghadapi 3 trouble spot itu," ucap Ali di Kantor Kahmi Centre, Jakarta Selatan, Jumat, 24 Januari 2020.
 
Ali menginstruksikan pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) di tiga wilayah tersebut. Kogabwilhan bertugas menjaga perbatasan perairan Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konsentrasi kekuatan penjagaan laut khususnya di perbatasan," kata Ali.
 
Berdasarkan UNCLOS 82 Pasal 58, kapal-kapal asing memiliki hak berdaulat untuk masuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Lain halnya jika kapal itu mulai mengambil sumber daya alam (SDA) di wilayah tersebut. Ali menyebut pihaknya tak berkompromi.
 
"Kalau nangkap ikan, dia (kapal asing) sudah melanggar (kedaulatan Indonesia). Boleh kita tangkap," sambung Ali.
 
Ali mencontohkan pada 2016, TNI AL berhasil menangkap kapal Tiongkok karena membahayakan kapal perang Indonesia. Saat itu ada belasan kapal ikan Tiongkok yang tengah menangkap ikan.
 
Saat ingin ditangkap, kapal-kapal ikan tersebut kabur. Hanya satu kapal yang memutar balik dan membahayakan kapal perang Indonesia yang ditumpangi Ali.
 
"Kita tembak, kita berhentikan, dan kita bawa ke Natuna, datang cost guardnya, kita enggak mau lepaskan, kita tetap bawa ke Natuna," cerita Ali.
 
Sementara itu, kapal asing tak boleh melintas di 12 Nanometer (Nm) laut wilayah Indonesia sebab sudah masuk wilayah kedaulatan penuh NKRI. Kapal yang ingin melintas perlu meminta izin.
 
"Kita sebagai Angkatan Laut sudah bertindak terukur," pungkas Ali.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif