Ilustrasi
Ilustrasi

Fakta-fakta Gempa M 4,3 Guncang Cianjur: Penyebab Hingga Daerah yang Terdampak

Patrick Pinaria • 24 Januari 2023 12:28
Jakarta: Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dilanda gempa pada Selasa, 24 Januari 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat kekuatan gempa berkekuatan magnitudo 4,3.
 
"Getaran gempa cukup kencang kami rasakan, saat kejadian saya sedang ronda," kata warga Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi Beni Anggara dilansir dari Antara, Selasa, 23 Januari 2023. 
 
Sejumlah fakta dipaparkan BMKG mengenai gempa M 4,3 yang mengguncang Cianjur itu. Berikut ini di antaranya yang sudah dirangkum Medcom.id:

1. Gempa akibat Sesar Cugenang

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono lantas angkat bicara mengenai gempa yang mengguncang Cianjur itu. Ia menjelaskan, gempa terjadi akibat aktivitas Sesar Cugenang. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang," kata Daryono dalam keterangan resmi, Selasa, 24 Januari 2023. 

2. Titik gempa

Daryono menerangkan episenter gempa terletak di darat pada jarak 7 km Barat Laut Kabupaten Cianjur. Gempa itu terjadi pada kedalaman 10 km.  
 
 
Baca: Cianjur Diguncang Gempa, Terasa Sampai Sukabumi
 

3. Gempa terasa di Sukabumi hingga Jakarta

BMKG menyampaikan gempa juga turut dirasakan hingga wilayah III-IV Cianjur, III-IV Cikalongkulon, III-IV Cipanas, III-IV Sukabumi dan III Purwakarta. Kemudian, II Jakarta Selatan, II Tangerang Selatan, II Bekasi, dan II Depok.

4. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa

Daryono juga memastikan belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ungkap dia.
 
Pernyatan Daryono juga diamini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi yang juga merasakan getaran gempa di Cianjur tersebut. 
 
"Hingga pukul 06.00 WIB tim kami di lapangan masih melakukan pendataan antisipasi adanya dampak akibat getaran gempa Cianjur tersebut, namun kami belum menerima laporan atau informasi adanya kerusakan bangunan," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik di Sukabumi, Selasa.

5. Gempa di Cianjur terjadi 487 kali

Gempa di Cianjur sudah terjadi sejak November 2022. Sejak itu, BMKG mencatat wilayah Cianjur sudah diguncang gempa sebanyak 487 kali.
 
"Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Selasa 24 Januari 2023 pukul 03:15 WIB telah terjadi gempabumi di wilayah Cianjur sebanyak 487 kali," demikian pernyataan BMKG lewat akun Instagram mereka.
 
(PAT)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif