(Foto:AFP/Philippe Huguen)
(Foto:AFP/Philippe Huguen)

Membayar Biaya IPL, Wajib bagi Pemilik Apartemen

Nasional properti
Pelangi Karismakristi • 05 Oktober 2017 08:08
medcom.id, Jakarta: Bagi Anda penghuni apartemen, tentu sudah tak asing lagi dengan Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL). Tapi bagi Anda yang ingin membeli apartemen, perlu Anda tahu bahwa ada biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan lingkungan dan fasilitas apartemen.
 
Tenaga Ahli PUPR Jehansyah Siregar mengatakan, IPL atau service charge merupakan suatu biaya yang harus ditanggung penghuni untuk perawatan atau operasional apartemen, seperti lift, kolam renang, taman, dan eskalator. Hal ini telah disebutkan dalam UU Nomor 20 Tahun 2011 tentang Peraturan Rumah Susun.
 
"Dalam UU tersebut disebutkan siapa pun yang punya apartemen atau rusun, wajib membayar IPL. Kisaran biaya IPL ditentukan oleh pengembang, kemudian akan dilanjutkan oleh P3SRS yang sah," kata Jehansyah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara dalam penghitungan IPL, cara yang dilakukan adalah nilai besaran IPL dasar dikalikan total luas unit yang dimiliki. Jumlah IPL yang harus dibayar penghuni berbeda-beda untuk setiap apartemen.
 
"Jumlah nilai dasar IPL dasar bisa didapat dari perhitungan total biaya operasional dan perawatan benda di area dan tanah bersama, dibagi total luas seluruh unit," jelasnya.
 
Iuran bulanan yang mesti dibayar penghuni apartemen terdiri atas maintenance fee dan biaya lain-lain (listrik, air dan sebagainya). Besarannya pun berbeda setiap bulan, bergantung pada pemakaian.
 
Maintenance fee sendiri dibagi menjadi service charge dan sinking fung. Service charge nantinya akan digunakan untuk menutup dana pengeluaran biaya kantor pengelola, termasuk gaji pegawai, peralatan kantor, biaya utilitas area umum, housekeeping, keamanandan , biaya engineering.
 
Sedangkan sinking fund adalah tabungan yang dikumpulkan dari tiap unit yang akan digunakan untuk perbaikan benda bersama pada kemudian hari. Sinking fund digunakan untuk membiayai perbaikan yang sifatnya berat, menyangkut kelangsungan operasional, dan kerapian gedung.
 

(ROS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif