NEWSTICKER
Lapas Kelas II Sukabumi, Jawa Barat. MI/Benny Bastiadi
Lapas Kelas II Sukabumi, Jawa Barat. MI/Benny Bastiadi

Pemerintah Diminta Pantau Kondisi Warga Binaan

Nasional Virus Korona
Anggi Tondi Martaon • 16 Maret 2020 12:28
Jakarta: Keselamatan warga binaan dari mewabahnya virus korona (covid-19) harus menjadi perhatian serius pemerintah. Pemerintah diminta benar-benar sigap mencegah penyebaran virus yang pertama ditemukan di Wuhan, Tiongkok itu meluas.
 
"Dalam kasus Covid-19 ini, keselamatan warga binaan sangat bergantung pada kesigapan pemerintah dalam mencegah penyebarannya," kata anggota Komisi III Taufik Basari melalui keterangan tertulis, Senin, 16 Maret 2020.
 
Dia menilai prosedur penanganan korona harus tetap diberlakukan kepada warga binaan. Di antaranya, pemeriksaan suhu dan kondisi fisik napi secara rutin, menyiapkan sabun pencuci atau cairan pembersih tangan, mengedukasi narapidana tentang cara mengantisipasi penyebaran virus corona.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hingga menyiapkan ruangan isolasi untuk warga binaan yang ditengarai terinfeksi covid-19 atau masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP)," kata dia.
 
Baca: Pemerintah Diminta Perjelas Status Social Distancing
 
Ketua DPP NasDem Bidang Hukum dan HAM ini mengingatkan kembali penyebaran virus korona sangat cepat. Apalagi, akses layanan kesehatan warga binaan cukup terbatas.
 
"Maka jika kesehatan warga binaan tidak menjadi perhatian pemerintah, saya khawatir kita akan kewalahan menanganinya," kata dia.
 
Kondisi pengunjung juga harus jadi perhatian. Dengan begitu, lapas akan steril dari orang-orang terjangkit virus tersebut.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif