Bandara Kertajati Siap Jadi Embarkasi Haji Antara
Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati - ANT/M Agung Rajasa.
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengumpulkan sejumlah menteri membahas kesiapan Bandara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati sebagai embarkasi haji. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan BIJB Kertajati siap digunakan sebagai bandara embarkasi haji antara.

"Bandaranya siap sebagai embarkasi antara," kata Budi usai rapat di Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 31 Mei 2018.

Dalam rapat yang berlangsung sekitar satu jam itu, Budi menyampaikan kesiapan BIJB Kertajati. Bandara itu telah dioperasikan dan diakui internasional pada 24 Mei 2018. 


Dia memastikan fasilitas BIJB telah memadai. Bandara itu memiliki landasan pacu yang bisa digunakan pesawat dengan ukuran sedang.

"Fasilitas check in dan semua perangkat sudah diselesaikan dengan baik, itu yang saya laporkan tadi," kata Budi.

(Baca juga: BIJB Kertajati Dikebut untuk Jemaah Haji 2018)

Menko PMK akan memanggil kementerian dan lembaga terkait untuk membahas persiapan teknis bandara ini. Persiapan teknis menunggu kesiapan dari Kementerian Agama.

"Makanya akan dilakukan rapat dengan Kemenag," kata dia.

BIJB Kertajati telah beroperasi sejak 24 Mei 2018. Pesawat Kepresidenan menjadi pesawat pertama yang mendarat di landasan pacu terbesar kedua di Indonesia ini.

Setidaknya ada tiga maskapai yang beroperasi di bandara ini, yakni Citilink, Lion Air, dan Wings Air. Tiga maskapai ini melayani rute penerbangan menuju Jakarta, Surabaya, dan Bali.






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id