Tolak Angin Sido Muncul menggelar operasi katarak gratis di  Rumah Sakit Antam Medika, Jakarta Timur, Senin, 8 April 2019 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
Tolak Angin Sido Muncul menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Antam Medika, Jakarta Timur, Senin, 8 April 2019 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)

Pasien Katarak Terharu Bisa Sembuh Berkat Operasi Gratis Sido Muncul

Nasional sido muncul
Gervin Nathaniel Purba • 09 April 2019 06:33
Jakarta: Doa Rustan Mahfud agar sembuh dari penyakit katarak, akhirnya terkabul. Setelah sekitar 5-6 tahun menderita katarak, kini mata kiri Rustan segera bisa melihat dengan jernih.
 
Rustan membagikan kisahnya kepada Medcom.id usai menjalani operasi katarak gratis yang digagas Sido Muncul melalui produk unggulan Tolak Angin, di Rumah Sakit Antam Medika, Jakarta Timur, Senin, 8 April 2019.
 
Rustan mengaku sudah lama menanti agar bisa menjadi peserta operasi katarak gratis karena keterbatasan dana. Pria yang mencari nafkah dengan mengojek ini kerap terganggu kondisi matanya yang sering berair. Bahkan, matanya tak bisa melihat jika kacamata dibuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Walau kondisi penglihatan terganggu, Rustan pantang menyerah. Pria berusia 63 tahun itu tetap mencari nafkah dari mengojek demi menghidupi keluarga.
 
Harapan Rustan untuk bisa menjalani operasi katarak gratis terkabul setelah ia mendengar informasi operasi katarak gratis dari Sido Muncul melalui brosur yang diberikan seorang perempuan di kawasan UKI, Cawang, Jakarta Timur. Rustan memang sehari-hari mangkal di sana untuk mencari penumpang.
 
Menurut dokter, kedua mata Rustan bermasalah. Yang paling parah mata kirinya sehingga didahulukan operasi.
 
Kini, operasi telah selesai. Rustan berterima kasih kepada Sido Muncul yang telah memberikan kesempatan mengikuti operasi gratis sambil berharap masih diberikan kesempatan untuk mata kanannya.
 
"Terima kasih kepada Sido Muncul. Saya punya mata sembuh. Saya dapat melihat di sisa umur saya. Saya bisa melihat anak dan cucu menikah. Saya bisa mencari uang tambahan dengan motor saya sendiri,” tutur Rustan, terharu, saat ditemui Medcom.id di RS Antam, Jakarta Timur.
 
Pasien Katarak Terharu Bisa Sembuh Berkat Operasi Gratis Sido Muncul
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat dan Christine Panjaitan (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
 
Kegiatan operasi katarak gratis pada hari ini diikuti 29 pasien dari target 100 pasien. Sisanya akan dilakukan pada tahap selanjutnya.
 
"Kami akan cari terus sampai 100 pasien sesuai MoU,” ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.
 
Terlaksananya operasi katarak gratis ini berkat kerja sama Sido Muncul dengan penyanyi Christine Panjaitan dan rumah sakit Antam Medika yang memberikan fasilitas. Irwan berterima kasih kepada Christine karena sangat membantu dalam proses mencarikan pasien.
 
Pasien Katarak Terharu Bisa Sembuh Berkat Operasi Gratis Sido Muncul
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
 
“Christine Panjaitan membantu mencarikan pasien. Saya yang berhubungan dengan rumah sakit Antam Medika. Yang paling sulit mencari pasien,” kata Irwan.
 
Pada 2019 merupakan tahun kedelapan Sido Muncul menggelar operasi katarak gratis. Sejauh ini, Sido Muncul telah memfasilitasi operasi mata kepada 52 ribu pasien.
 
Penderita katarak setiap tahunnya terus meningkat, atau terdapat 210 ribu orang penderita baru. Sementara, jumlah dokter mata hanya 80 ribu orang per tahun berdasarkan catatan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami).
 
Pasien Katarak Terharu Bisa Sembuh Berkat Operasi Gratis Sido Muncul
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
 
Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat mengurangi angka penderita katarak, khususnya di Jakarta. Masyarakat juga diimbau untuk menghilangkan persepsi bahwa operasi katarak adalah sesuatu yang menakutkan. Sebab, satu-satunya cara untuk sembuh dari katarak hanya melalui operasi.
 
Pada kesempatan yang sama, Christine Panjaitan berterima kasih kepada Sido Muncul yang telah memercayainya terlibat dalam operasi katarak gratis. “Saya senang sekali mendapatkan kesempatan, perpanjangan tangan untuk kebutuhan operasi ini,” ujar Christine.
 
Selain operasi gratis, Sido Muncul juga menyerahkan paket produk kepada lima perwakilan pasien. Acara dilanjutkan penyerahan suvenir berupa Lumpang Sido Muncul kepada Christine Panjaitan, Direktur RS Antam Medika, dan Perwakilan Perdami Cabang DKI Jakarta Faraby Martha.

 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif