2019, Puspiptek Fokus Revitalisasi

Gervin Nathaniel Purba 28 November 2018 06:27 WIB
puspiptek
2019, Puspiptek Fokus Revitalisasi
Suasana Rapat Kerja Puspiptek, di The Alana Hotel, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 November 2018 (Foto:Medcom.id/Gervin Nathaniel Purba)
Sentul: Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) fokus terhadap revitalisasi fasilitas sarana dan prasarana pada 2019. Upaya ini bertujuan untuk menciptakan kawasan Puspiptek yang aman dan nyaman.

"Revitalisasi terus dilaksanakan," ujar Kepala Puspiptek Sri Setiawati kepada Medcom.id, di sela Rapat Kerja Puspiptek, di The Alana Hotel, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 27 November 2018.

Puspiptek akan mengembangkan fasilitas pengelolaan air bersi dan membangun embung dekat sungai Cisadane.


"Kita membangun fasilitas pengelolaan air bersih sendiri. Semakin banyak laboratorium, maka semakin banyak juga air yang diperlukan," ujar Sri.

Membangun fasilitas pengelolaan air bersih dinilai tepat. Sebab, terungkap usulan untuk membangun laboratorium baru pada rapat kerja. Salah satunya, usulan membangun laboratorium oleh BPPT untuk pengujian jalur kereta api. Rencana ini sebenarnya sudah dibicarakan sejak 2015.

Untuk membangun sebuah laboratorium baru, pihak BPPT bersama PT INKA, dan Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan harus melakukan kajian. Kemudian, dicocokkan dengan master plan Puspiptek. "Kalau mau uji, semua didiskusikan," ujarnya.

Di sisi lain, Puspiptek juga ingin merevitalisasi rumah dinas dan mempercantik wisma tamu pada tahun depan. "Akan lebih banyak renovasi," kata Sri.

Dia juga berencana mengadakan mobil guide tour untuk menjelajah kawasan Puspiptek. Selain untuk berwisata keliling kawasan Puspiptek, mobil tersebut dapat difungsikan untuk mengantarkan pegawai menuju tempat bekerja.

"Nanti ojek sampai depan saja. Masuknya menggunakan mobil guide tour. Kami juga ingin menyiapkan sepeda, supaya lebih ramah lingkungan. Semua pengunjung nantinya bisa terpantau," katanya.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id