Ilustrasi oleh NS dari Pexels
Ilustrasi oleh NS dari Pexels

Belanja Online saat Pandemi, Baca Doa Ini agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli

Nasional Medcom Jumat
Oase.id • 15 Mei 2020 15:23

Jakarta:Pandemi korona (Covid-19) memaksa masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan menjauhi kerumunan. Melakukan transaksi di pasar daring pun menjadi pilihan untuk memenuhi segala kebutuhan.
 
Namun, seiring peningkatanjumlah transaksisecaraonline, kasus penipuan jual beli pun turut bertambah.
 
Demi menghindari kerugian atas potensi penipuan tersebut, sebelum berbelanja,pilihlahmarketplacetepercaya untuk bertransaksi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Periksa dan teliti identitas penjual. Boleh juga dengan cara mengecek ulasan, testimoni, maupunreviewyang sudah dituliskan pembeli yang sudah melakukan transaksi sebelumnya.
 
Jika melakukan transaksi melalui media sosial, jangan lupa untuk memeriksa nomor rekening dan nomor telepon penjual, apakah pernah dilaporkan kasus penipuan atau tidak.
 
Baca: Harus Tetap Belanja ke Pasar di saat Pandemi? Baca Doa Ini agar Tetap Terlindungi
 

Selain berhati-hati, penting pula untuk memohon perlindungan kepada Allah dari segala macam penipuan. Bacalah doa berikut agar terhindar dari tipu daya dalam bertransaksi atau berjual beli;

Belanja <i>Online</i> saat Pandemi, Baca Doa Ini agar Terhindar dari Penipuan Jual Beli
 

Bismillah, Allahumma inni as’aluka khaira hadzihis suuq wa khaira maa fiiha, wa a’udzubika min syarriha wa syarri maa fiiha. Allaumma inni a’udzubika an ushiiba fiiha yamiinan faajiran au shafqatan khaasiratan.
 
Baca:Penat di Rumah Selama PSBB? Baca Doa Ini agar Rumah Terasa Luas dan Nyaman
 

"Dengan nama Allah, Ya Allah aku memohon pada-Mu kebaikan pasar ini dan kebaikan yang ada di dalamnya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pasar ini dan dari keburukan yang ada di dalamnya. Aku berlindung pada-Mu dari sumpah palsu dan dari suatu pembelian atau penjualan yang merugikan."
 
Informasi gaya hidup Muslim lainnya bisa dibaca diOase.id
 

Doa ini sebagaimana tertera dalam hadis diriwayatkan oleh Imam Al-Hakim.
 
Dari Buraidah, Rasulullah Muhamamd Saw apabila menuju pasar, beliau berdoa,“Bismillah, Allahumma inni as’aluka khaira hadzihis suuq wa khaira maa fiiha, wa a’udzubika min syarriha wa syarri maa fiiha. Allaumma inni a’udzubika an ushiiba fiiha yamiinan faajiran au shafqatan khaasiratan."
 

Sumber:Disarikan dari keterangan dalamAl-Adzkar Al-Muntakhabatu min Kalaami Sayyidi Al-AbraaratauAl-Adzkaar An-Nawawiyahkarya Imam Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi.


 

(SBH)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif