Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2023. Dok. Kominfo
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2023. Dok. Kominfo

Insan Humas Diajak Tinggalkan Eksklusivitas dan Ego Sektoral

Achmad Zulfikar Fazli • 31 Oktober 2023 11:39
Jakarta: Sejumlah insan humas mendapat apresiasi atas keberhasilan melakukan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN serta perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia. Event bertaraf Internasional yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah merupakan peluang bagi humas menunjukkan eksistensinya dan peran penting dalam mem-branding Indonesia.
 
"Peluang tidak hanya mencuri perhatian warga dunia tetapi di waktu yang sama kita bisa memupuk tingkat kepercayaan masyarakat di negeri sendiri," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dilansir pada Selasa, 31 Oktober 2023.
 
Usman menambahkan sudah seharusnya reputasi baik Indonesia menjadi goals atau misi kerja-kerja humas pemerintahan. Nation branding menjadi tujuan akhir kerja humas di event-event Internasional. Dia pun mengajak insan humas meninggalkan ekslusivitas peran dan menanggalkan ego sektoral.

"Demi kemajuan negeri, mari perkuat sinergisitas antar instasi pemerintah agar satu padu bersuara di ruang publik. Indonesia akan dikenal sebagai negara yang bersahabat, bermartabat, dan memiliki banyak potensi untuk mendatang investasi dan kerja sama," ujar dia.
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menyebut indeks kemerdekaan pers di Jawa Timur mencapai 76,55. "Indeks tersebut meningkat di atas nasional, di mana Jawa Timur ini sangat dinamis," ujar dia.

Penghargaan AMH

Penghargaan AMH 2023 diberikan kepada juara terbaik untuk enam kategori, yakni kategori Siaran Pers, Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine), Media Audiovisual. Selain itu, ada dua penghargaan khusus, yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP).
 
“PIP merupakan mitra strategis Kominfo yang selama ini telah membantu komunikasi publik pemerintah di wilayah Terpencil, Tertinggal dan Terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” jelas Usman.
 
Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum pada AMH 2023 kali ini. 
 
I. Kategori Siaran Pers (Media Online) 
 
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri: 
  1. Bank Indonesia 
  2. Kementerian Investasi/Badan 
  3. Institut Pertanian Bogor 

Pemerintah Daerah Provinsi: 
  1. Pemerintah Provinsi Gorontalo 
  2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 
  3. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota: 
  1. Pemerintah Kota Madiun 
  2. Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin 
  3. Pemerintah Kota Tangerang 

II. Kategori Media Sosial
 
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
  1. Kementerian Keuangan 
  2. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk 
  3. Badan Pusat Statistik 

Pemerintah Daerah Provinsi:
  1. Pemerintah DI Yogyakarta 
  2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 
  3. Pemerintah Provinsi Jawa Barat 

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota: 
  1. Pemerintah Kota Surabaya 
  2. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul 
  3. Pemerintah Kabupaten Sumedang 

III. Kategori Website
 
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
  1. Bank Indonesia 
  2. Sekretariat Kabinet 
  3. Kementerian Investasi/Badan 

Pemerintah Daerah Provinsi: 
  1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 
  2. Pemerintah Provinsi Jawa Barat 
  3. Pemerintah Provinsi Jawa Timur 

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota: 
  1. Pemerintah Kabupaten Tuban  
  2. Pemerintah Kota Denpasar 
  3. Pemerintah Kota Yogyakarta 

IV.Kategori Kampanye Komunikasi Publik
 
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
  1. Kementerian Ketenagakerjaan 
  2. Badan Pusat Statistik 
  3. Kementerian Pertanian  

Pemerintah Daerah Provinsi: 
  1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
  2. Pemerintah DI Yogyakarta 
  3. Pemerintah Provinsi Jawa Barat 

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota: 
  1. Pemerintah Kota Yogyakarta 
  2. Pemerintah Kabupaten Bekasi 
  3. Pemerintah Kota Bandung 

V. Kategori Penerbitan Media Internal
 
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri: 
  1. Kementerian Luar Negeri  
  2. Sekretariat Kabinet  
  3. Bank Indonesia  

Pemerintah Daerah Provinsi: 
  1. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 
  2. Pemerintah DI Yogyakarta 
  3. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota: 
  1. Pemerintah Kabupaten Bantul  
  2. Pemerintah Kabupaten Buleleng 
  3. Pemerintah Kabupaten Bogor 

VI. Kategori Media Audiovisual
 
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri: 
  1. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk  
  2. PT. Hutama Karya (Persero) 
  3. Sekretariat Kabinet 

Pemerintah Daerah Provinsi: 
  1. Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
  2. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 
  3. Pemerintah DI Yogyakarta 

Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota: 
  1. Pemerintah Kota Malang 
  2. Pemerintah Kabupaten Sumedang 
  3. Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul 

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AZF)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan