Jakarta: Sejumlah insan humas mendapat apresiasi atas keberhasilan melakukan komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN serta perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia. Event bertaraf Internasional yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah merupakan peluang bagi humas menunjukkan eksistensinya dan peran penting dalam mem-branding Indonesia.
"Peluang tidak hanya mencuri perhatian warga dunia tetapi di waktu yang sama kita bisa memupuk tingkat kepercayaan masyarakat di negeri sendiri," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dilansir pada Selasa, 31 Oktober 2023.
Usman menambahkan sudah seharusnya reputasi baik Indonesia menjadi goals atau misi kerja-kerja humas pemerintahan. Nation branding menjadi tujuan akhir kerja humas di event-event Internasional. Dia pun mengajak insan humas meninggalkan ekslusivitas peran dan menanggalkan ego sektoral.
"Demi kemajuan negeri, mari perkuat sinergisitas antar instasi pemerintah agar satu padu bersuara di ruang publik. Indonesia akan dikenal sebagai negara yang bersahabat, bermartabat, dan memiliki banyak potensi untuk mendatang investasi dan kerja sama," ujar dia.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menyebut indeks kemerdekaan pers di Jawa Timur mencapai 76,55. "Indeks tersebut meningkat di atas nasional, di mana Jawa Timur ini sangat dinamis," ujar dia.
Penghargaan AMH
Penghargaan AMH 2023 diberikan kepada juara terbaik untuk enam kategori, yakni kategori Siaran Pers, Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine), Media Audiovisual. Selain itu, ada dua penghargaan khusus, yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP).
“PIP merupakan mitra strategis Kominfo yang selama ini telah membantu komunikasi publik pemerintah di wilayah Terpencil, Tertinggal dan Terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” jelas Usman.
Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum pada AMH 2023 kali ini.
I. Kategori Siaran Pers (Media Online)
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri:
Bank Indonesia
Kementerian Investasi/Badan
Institut Pertanian Bogor
Pemerintah Daerah Provinsi:
Pemerintah Provinsi Gorontalo
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
Pemerintah Kota Madiun
Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
Pemerintah Kota Tangerang
II. Kategori Media Sosial
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
Kementerian Keuangan
PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk
Badan Pusat Statistik
Pemerintah Daerah Provinsi:
Pemerintah DI Yogyakarta
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
Pemerintah Kota Surabaya
Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
Pemerintah Kabupaten Sumedang
III. Kategori Website
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
Bank Indonesia
Sekretariat Kabinet
Kementerian Investasi/Badan
Pemerintah Daerah Provinsi:
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
Pemerintah Kabupaten Tuban
Pemerintah Kota Denpasar
Pemerintah Kota Yogyakarta
IV.Kategori Kampanye Komunikasi Publik
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
Kementerian Ketenagakerjaan
Badan Pusat Statistik
Kementerian Pertanian
Pemerintah Daerah Provinsi:
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah DI Yogyakarta
Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
Pemerintah Kota Yogyakarta
Pemerintah Kabupaten Bekasi
Pemerintah Kota Bandung
V. Kategori Penerbitan Media Internal
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
Kementerian Luar Negeri
Sekretariat Kabinet
Bank Indonesia
Pemerintah Daerah Provinsi:
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah DI Yogyakarta
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
Pemerintah Kabupaten Bantul
Pemerintah Kabupaten Buleleng
Pemerintah Kabupaten Bogor
VI. Kategori Media Audiovisual
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk
PT. Hutama Karya (Persero)
Sekretariat Kabinet
Pemerintah Daerah Provinsi:
Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Pemerintah DI Yogyakarta
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
Pemerintah Kota Malang
Pemerintah Kabupaten Sumedang
Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
Jakarta: Sejumlah insan humas mendapat apresiasi atas keberhasilan melakukan
komunikasi publik dan dukungan hubungan masyarakat kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN serta perguruan tinggi dalam menyukseskan penyelenggaraan KTT ASEAN di Indonesia.
Event bertaraf Internasional yang menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah merupakan peluang bagi humas menunjukkan eksistensinya dan peran penting dalam mem-
branding Indonesia.
"Peluang tidak hanya mencuri perhatian warga dunia tetapi di waktu yang sama kita bisa memupuk tingkat kepercayaan masyarakat di negeri sendiri," ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik
Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam acara Malam Anugerah Media Humas 2023 di Kota Surabaya, Jawa Timur, dilansir pada Selasa, 31 Oktober 2023.
Usman menambahkan sudah seharusnya reputasi baik Indonesia menjadi
goals atau misi kerja-kerja humas pemerintahan.
Nation branding menjadi tujuan akhir kerja humas di
event-event Internasional. Dia pun mengajak insan
humas meninggalkan ekslusivitas peran dan menanggalkan ego sektoral.
"Demi kemajuan negeri, mari perkuat sinergisitas antar instasi pemerintah agar satu padu bersuara di ruang publik. Indonesia akan dikenal sebagai negara yang bersahabat, bermartabat, dan memiliki banyak potensi untuk mendatang investasi dan kerja sama," ujar dia.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono menyebut indeks kemerdekaan pers di Jawa Timur mencapai 76,55. "Indeks tersebut meningkat di atas nasional, di mana Jawa Timur ini sangat dinamis," ujar dia.
Penghargaan AMH
Penghargaan AMH 2023 diberikan kepada juara terbaik untuk enam kategori, yakni kategori Siaran Pers, Media Sosial, Website, Kampanye Komunikasi Publik, Penerbitan Media Internal (
Inhouse Magazine), Media Audiovisual. Selain itu, ada dua penghargaan khusus, yakni juara umum dan penghargaan untuk Penyuluh Informasi Publik (PIP).
“PIP merupakan mitra strategis Kominfo yang selama ini telah membantu komunikasi publik pemerintah di wilayah Terpencil, Tertinggal dan Terdepan (3T) dan daerah yang masih memerlukan penyampaian informasi secara tatap muka,” jelas Usman.
Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta keluar sebagai juara umum pada AMH 2023 kali ini.
I. Kategori Siaran Pers (Media Online)
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD, dan Perguruan Tinggi Negeri:
- Bank Indonesia
- Kementerian Investasi/Badan
- Institut Pertanian Bogor
Pemerintah Daerah Provinsi:
- Pemerintah Provinsi Gorontalo
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- Pemerintah Kota Madiun
- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin
- Pemerintah Kota Tangerang
II. Kategori Media Sosial
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
- Kementerian Keuangan
- PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk
- Badan Pusat Statistik
Pemerintah Daerah Provinsi:
- Pemerintah DI Yogyakarta
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- Pemerintah Kota Surabaya
- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
- Pemerintah Kabupaten Sumedang
III. Kategori Website
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
- Bank Indonesia
- Sekretariat Kabinet
- Kementerian Investasi/Badan
Pemerintah Daerah Provinsi:
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Pemerintah Provinsi Jawa Barat
- Pemerintah Provinsi Jawa Timur
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- Pemerintah Kabupaten Tuban
- Pemerintah Kota Denpasar
- Pemerintah Kota Yogyakarta
IV.Kategori Kampanye Komunikasi Publik
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
- Kementerian Ketenagakerjaan
- Badan Pusat Statistik
- Kementerian Pertanian
Pemerintah Daerah Provinsi:
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Pemerintah DI Yogyakarta
- Pemerintah Provinsi Jawa Barat
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- Pemerintah Kota Yogyakarta
- Pemerintah Kabupaten Bekasi
- Pemerintah Kota Bandung
V. Kategori Penerbitan Media Internal
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
- Kementerian Luar Negeri
- Sekretariat Kabinet
- Bank Indonesia
Pemerintah Daerah Provinsi:
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Pemerintah DI Yogyakarta
- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- Pemerintah Kabupaten Bantul
- Pemerintah Kabupaten Buleleng
- Pemerintah Kabupaten Bogor
VI. Kategori Media Audiovisual
Kementerian/Lembaga, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi Negeri:
- PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk
- PT. Hutama Karya (Persero)
- Sekretariat Kabinet
Pemerintah Daerah Provinsi:
- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
- Pemerintah DI Yogyakarta
Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota:
- Pemerintah Kota Malang
- Pemerintah Kabupaten Sumedang
- Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(AZF)