Ketua Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi. Dok. BNPB
Ketua Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi. Dok. BNPB

IDI: 162 Dokter Gugur Akibat Covid-19

Nasional Virus Korona dokter dan kesehatan IDI
Theofilus Ifan Sucipto • 15 November 2020 18:56
Jakarta: Sebanyak 162 dokter gugur saat menangani pasien covid-19. Masyarakat diminta memperketat protokol kesehatan agar tak ada lagi tenaga kesehatan yang gugur di tengah pandemi.
 
“Per 10 November 2020, ada 159 dokter gugur. Sampai sekarang ada dua sampai tiga dokter lagi meninggal karena covid-19,” kata Ketua Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Adib Khumaidi dalam konferensi pers di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Minggu, 15 November 2020.
 
Adib mengatakan lonjakan kasus covid-19 berpengaruh pada banyaknya dokter yang gugur. Lonjakan terjadi akibat mobilisasi masyarakat yang tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data tersebut, kata Adib, terlihat sejak lonjakan mobilisasi pada Mei hingga Agustus 2020. Selama periode itu, jumlah dokter yang gugur meningkat.
 
“Kami tidak mengharapkan (lonjakan kasus dan dokter gugur) terjadi di bulan-bulan ini. Kita sampaikan garda terdepannya adalah masyarakat,” tegas dia.
 
Baca: Hunian Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Meningkat Usai Libur Panjang
 
Adib mengatakan dokter dan tenaga kesehatan adalah garda terakhir. Sehingga, masyarakat harus berupaya semaksimal mungkin mencegah penyebaran covid-19.
 
“Karena protokol kesehatan menurunkan risiko tertular lebih dari 90 persen. Ini perlu jadi perhatian dan poin penting,” tutur Adib.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif