Ribuan kendaraan terjebak kemacetan panjang di pintu Tol Ciawi menuju puncak, Bogor, Jawa Barat. Foto: MI/Bary Fathahilah
Ribuan kendaraan terjebak kemacetan panjang di pintu Tol Ciawi menuju puncak, Bogor, Jawa Barat. Foto: MI/Bary Fathahilah

Pemerintah Wacanakan Pembatasan Kendaraan di Puncak

Nasional Penataan Kawasan Puncak
Whisnu Mardiansyah • 08 Februari 2018 17:41
Jakarta: Pemerintah mewacanakan pembatasan kendaraan di kawasan puncak saat akhir pekan dan hari libur nasional. Nantinya, hanya bus yang diperbolehkan melintas.
 
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto, mengatakan pembatasan kendaraan merupakan bagian dari penataan kawasan Puncak.
 
"Di tempat-tempat tersebut bus-bus khusus saja yang boleh hilir mudik," kata Arie di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Kamis, 8 Februari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nantinya, kendaraan pribadi disediakan parkir khusus dengan konsep park and ride. Dari tempat parkir disediakan bus-bus yang mengantar ke beberapa tempat wisata di Puncak.
 
"Supaya tidak bermacet-macetan. Tidak usah menunggu terlalu lama di jalan langsung naik bus ke tempat wisata," jelasnya.
 
Baca: Jalur Puncak Bogor Mulai Padat
 
Untuk merealisasikan rencana ini, Bina Marga menata jalan dengan memperlebar dan memperkuat bahu jalan yang saat ini masih diduduki bangunan dan gubuk-gubuk liar.
 
"Kalau bahu badannya sudah bebas kita akan diperkeras, sehingga lebih aman di persimpangan," ujarnya.
 
Bina Marga menargetkan penataan jalan di Puncak rampung dalam dua tahun. Penataan jalan sempat terhambat karena adanya penolakan keras dari masyarakat yang menolak direlokasi. Namun, insiden tanah longsor beberapa hari yang lalu menjadi momentum untuk melanjutkan penataan Puncak.
 
"Dengan kondisi ini kita buktikan bahwa kebijakan kita betul. Mohon semua pihak menyadari," pungkasnya.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif