Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Semua Daerah Level 1

Theofilus Ifan Sucipto • 16 Agustus 2022 07:12
Jakarta: Pemerintah memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali. Perpanjangan berlaku mulai 16 Agustus hingga 29 Agustus 2022.
 
Hal itu diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 40 Tahun 2022 tentang PPKM pada Kondisi Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali. Beleid tersebut diteken Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada Senin, 15 Agustus 2022.
 
"Seluruh wilayah Jawa dan Bali berstatus level 1," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal dalam keterangan tertulis, Selasa, 16 Agustus 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Safrizal mengatakan penetapan level 1 di semua daerah berdasarkan pertimbangan para pakar. Kemudian, mempertimbangkan kondisi faktual di lapangan.
 

Baca: 53% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari Jakarta


Safrizal menyebut pandemi covid-19 masih relatif terkendali dibanding puncak Delta atau Omicron. Kemudian, angka reproduksi virus (Rt) menunjukkan tren menurun.
 
"Namun, untuk tetap menjaga situasi, pemerintah memutuskan tetap memperpanjang PPKM," kata dia.
 
Menurut Safrizal, PPKM tetap efektif menjaga kewaspadaan masyarakat dari penularan covid-19. Supaya pandemi semakin terkendali dan aktivitas sosial ekonomi dapat berjalan dengan baik.
 
(JMS)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif