Warga melihat pengangkatan jangkar raksasa dari kapal pedagang Grand Saint-Antoine di Marseille, Prancis -- BORIS HORVAT / AFP
Warga melihat pengangkatan jangkar raksasa dari kapal pedagang Grand Saint-Antoine di Marseille, Prancis -- BORIS HORVAT / AFP

Pakar Sejarah AS Selidiki Jangkar Kuno Berusia 222 Tahun

Nasional sejarah dunia
Willy Haryono • 11 Juni 2014 12:42
medcom.id, Port Townsend: Sejumlah pakar akan memeriksa apakah jangkar yang ditemukan di Seattle merupakan bagian dari kapal kuno Eropa yang mengarungi perairan Amerika di masa lalu. Jangkar itu ditemukan seorang penyelam bernama Doug Monk enam tahun lalu.
 
Doug mendirikan grup Anchor Ventures bersama ahli sejarah Scott Grimm untuk menguak misteri temuannya. Surat kabar Seattle Times dan Peninsula Daily News melaporkan jangkar berbobot 408 kilogram itu mungkin berasal dari HMS Chatham, sebuah kapal Angkatan Laut Inggris.
 
Kapal itu berlayar bersama kapal lainnya, HMS Discovery, yang ditumpangi penjelalah George Vancouver yang memetakan wilayah Pantai Barat Benua Amerika di tahun 1792.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jangkar bersejarah itu diambil dari Anchor Ventures menuju Pusat Maritim di Port Townsend, belum lama ini. Nantinya, temuan Doug akan dikirim ke Universitas Texas A&M, dimana tim ahli akan mencoba menentukan apakah jangkar itu adalah jangkar yang hilang 222 tahun silam.
 

(WIL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif