Anggota Komisi X DPR Nuroji. (Foto: Dok. DPR)
Anggota Komisi X DPR Nuroji. (Foto: Dok. DPR)

Peningkatan Kualitas SDM Jangan Hanya Retorika

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 12 Juli 2019 15:05
Jakarta: Pemerintah diminta tidak hanya sekedar retorika dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Niat tersebut harus ditunjukkan melalui kebijakan anggaran.
 
Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi X DPR Nuroji di sela Kunjungan Kerja ke Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis, 11 Juli 2019. Menurut Nuroji, terjadi penurunan pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.
 
“Jangan hanya retorika. Ingin meningkatkan daya saing manusianya, tetapi di sisi lain politik anggaran pendidikan perguruan tinggi dipotong," kata Nuroji, dikutip dpr.go.id, Jumat, 12 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Gerindra itu mengungkapkan, keterbatasan anggaran tersebut sangat berdampak pada beberapa hal. Salah satunya, Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi (Dikti).
 
Nuroji menyebutkan, APK Dikti Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara lain. Bahkan, Indonesia kalah dengan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.
 
Pemerintah pun serius ingin meningkatkan APK Dikti. Namun, semangat tersebut tidak didukung oleh politik anggaran.
 
"Mana bisa naik APK nya kalau sarana atau aksesnya ditutup," tukas politisi Fraksi Partai Gerindra itu.
 
Oleh karena itu, Nuroji menuntut keseriusan pemerintah dalam upaya meningkatkan APK Dikti. Niat tersebut harus didukung dengan penguatan sisi sarana dan prasarananya, bukan malah dikurangi.
 
“Buat saya APK itu penting, yaitu agar bangsa ini bisa memilik kesempatan mengenyam bangku kuliah di Perguruan Tinggi," ujar dia
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif