Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin (kanan) didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo. Foto: MI/Susanto
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin (kanan) didampingi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo. Foto: MI/Susanto

Jokowi Ingin Reformasi Lembaga yang Cepat dan Revolusioner

Nasional kemenpan-rb
Whisnu Mardiansyah • 24 Juli 2019 02:06
Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menemui Ketua DPR Bambang Soesatyo. Pertemuan membahas perampingan lembaga pemerintahan berdasar regulasi aturan perundang-undangan, sesuai 'Visi Indonesia' milik Presiden terpilih Joko Widodo.
 
"Intinya dalam pemerintahan selanjutnya beliau akan melakukan reformasi kelembagaan yang cepat dan revolusioner," kata Syafruddin di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa 23 Juli 2019.
 
Baca Juga:Pidato Lengkap Visi Indonesia Presiden Jokowi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di periode pertamanya, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla sejatinya telah merampungkan sejumlah lembaga pemerintah. Total ada 23 lembaga yang diakuisisi atau dihapus dalam tiga tahun terakhir pemerintahan Jokowi.
 
"Setelah dievaluasi dalam tiga tahun ini, lahirnya lembaga dan UU banyak yang tidak efektif, banyak yang tumpang tindih, banyak yang dobel. Banyak yang tidak lincah dan tidak efiesien," jelas Syafruddin.
 
Mewujudkan pemerintahan yang efektif, salah satunya dengan merampingkan sejumlah lembaga. Lembaga pemerintah yang sudah ada saat ini perlu dievaluasi agar tidak adanya tumpang tindih kewenangan.
 
"Kita sedang menyusun tentu semua Kementerian Lembaga yang ada ekor-ekornya tadi, yang tidak efektif, akan dirampingkan tentu, ada yang dihilangkan, ada yang disatukan, ada yang diturunkan, macam-macam nanti metodenya, yang kita bahas secara intensif," jelas Syafruddin.
 


 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif