Medcom.id bergabung dengan CekFakta.com. Foto: screen capture dari website CekFakta.com
Medcom.id bergabung dengan CekFakta.com. Foto: screen capture dari website CekFakta.com

Medcom.id Bergabung dengan CekFakta.com

Nasional hoax
Fachri Audhia Hafiez • 05 Februari 2019 09:05
Jakarta: Medcom.id resmi bergabung dengan CekFakta.com per 30 Januari 2019. Sebuah proyek kolaborasi antar media yang mempunyai misi khusus melawan maraknya penyebaran hoaks.
 
Pemimpin Redaksi Medcom.id, Abdul Kohar mengatakan proyek kolaborasi ini bentuk komitmen Medcom.id dalam mengampanyekan anti hoaks. Langkah ini diharapkan mampu memerangi bersama-sama segala bentuk disinformasi.
 
"Sebagai media yang selalu mengampanyekan anti hoaks, maka wajib bagi Medcom.id untuk berkolaborasi, membentuk aliansi, membangun jejaring dengan institusi atau komunitas apapun yang siap bersama-sama memerangi segala bentuk informasi bohong, disinformasi, fitnah dan segala turunannya," kata Kohar di Jakarta, Senin, 4 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kohar menjelaskan banyak informasi bahkan masih dalam desas-desus kerap diviralkan dan diimani sebagai kebenaran. Ironisnya, banyak masyarakat yang lebih percaya desas-desus itu ketimbang fakta yang masih bergerak.
 
Dia menegaskan kondisi itu yang menjadi tugas jurnalis dan media dalam melakukan cek fakta. Ini juga menjadi bagian dari literasi media bagi publik agar kualitas demokrasi dan kehidupan sosial lebih bermartabat.
 
"Berangkat dari hal-hal itulah maka Medcom.id berhikmad bersama sama media lain bergabung dalam komunitas CekFakta.com," ujar Kohar.
 
Kohar meyakini kian banyak media yang bersama-sama memerangi informasi palsu, informasi bohong, bahkan fitnah, akan cepat pula mata rantai kebohongan terputus. Publik senantiasa akan kembali ke cara yang benar dalam memercayai informasi, melalui pemberitaan yang kredibel dan sesuai fakta.
 
CekFakta.com diluncurkan pada peringatan Hari Kebebasan Pers Sedunia pada 5 Mei 2018, oleh 22 media daring (online) dan Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo).
 
Media-media yang tergabung itu antara lain KBR, Katada.co.id, Kompas.com, Kontan.co.id. Liputan6.com, Merdeka.com, Republika.co.id dan Riauonline.co.id. Kemudian, Suara.com. Tempo.co, The Conversation, The Jakarta Post, Times Indonesia dan Tirto.id.
 
Kolaborasi ini diharapkan menjadi semua kekuatan positif dari media yang mampu memeriksa fakta sesuai standar keberimbangan dan akurasi data. Hoaks dan disinformasi menjadi kekhawatiran di tengah masyarakat saat ini. Kehadiran kolaborasi ini agar masyarakat memeroleh rujukan informasi yang valid dan terhindar dari hoaks.

 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif