Presiden Joko Widodo (kanan) mengamati bangunan yang rusak akibat tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir, Rajabasa Lampung Selatan, Lampung. Foto: Antara/Wahyu Putro A.
Presiden Joko Widodo (kanan) mengamati bangunan yang rusak akibat tsunami Selat Sunda di Desa Kunjir, Rajabasa Lampung Selatan, Lampung. Foto: Antara/Wahyu Putro A.

Jokowi Siapkan Permukiman Relokasi Warga Pesisir Lampung

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Antara • 02 Januari 2019 16:55
Lampung: Presiden Joko Widodo bakal membangun permukiman untuk merelokasi masyarakat pesisir Lampung Selatan, Lampung, yang terkena dampak tsunami Selat Sunda. Dia pun ingin tempat tinggal untuk korban segera dibangun.
 
"Kita akan masuk ke situ, ke tahap rekonstruksi dan pembangunan," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau langsung lokasi yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda di Desa Way Muli, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu, 2 Januari 2018.
 
Presiden Jokowi tiba Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan yang berjarak 116 km dari bandara pukul 10.50 WIB. Dia meninjau langsung lokasi-lokasi yang terdampak bencana di Lampung Selatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara sempat berkunjung ke Desa Kunjir, tidak jauh dari lokasi Way Muli.Dia berbincang dengan warga korban tsunami. Presiden Jokowi mengatakan permukiman seluas 2 hektare, 400 meter dari bibir pantai yang terletak di Desa Way Muli, segera dibangun.
 
Baca: LIPI: Tata Ruang Berbasis Risiko Bencana Belum Diimplementasikan
 
"Ini kita di Lampung Selatan, Provinsi Lampung, yang memang paling parah terkena tsunami yang lalu. Di sini juga ada 118 yang meninggal. Kemudian ada yang rusak berat, rumah ada 490," kata dia.
 
Rumah yang dibangun adalah hunian tetap. Dia meminta Plt Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala BNPB Willem Rampangilei agar penanganan dilakukan dalam waktu dekat.
 
"Terutama memang ini setelah evakuasi selesai. Kemudian nanti kita lihat yang dirawat di rumah sakit juga semuanya sudah bisa diselesaikan," jelas dia.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif