Menteri HAM Inggris Bahas Kerukunan Beragama
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Inggris, Lord Tariq Ahmad - Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertemu dengan Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Inggris, Lord Tariq Ahmad. Pertemuan membahas isu kerukunan antarumat beragama. 

"Saya senang bisa berada di Jakarta hari ini, saya sudah menghadiri beberapa pertemuan dan diskusi kami produktif," kata Tariq di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober 2018. 

Tariq mengatakan kunjunganya ke Kantor Kemenag hari ini membawa misi khusus dari Perdana Menteri Inggris, Theresa May. Selain sebagai Menteri HAM, Tariq juga merupakan utusan khusus Perdana Menteri Inggris untuk bidang kebebasan dan kerukunan antarumat beragama. 


"Saya dengan Pak Menteri berdiskusi bagaimana masyarakat dan komunitas keagamaan bekerja sama membentuk pandangan-pandangan pluralisme di Indonesia, negara muslim terbesar di dunia yang tetap menghormati hak-hak individu dalam mempraktikkan ajaran agama," kata Tariq. 

Tariq mengaku kagum dengan kerukunan umat beragama di Indonesia. Namun, dia tidak menampik Indonesia masih memiliki sejumlah tantangan seperti aksi terorisme dan ekstremisme. 

(Baca juga: Menag Nilai Kemajemukan Indonesia Anugerah Tuhan)

Dia optimistis tantangan itu bisa diselesaikan jika kedua negara saling bekerja sama. 

"Saya yakin kalau kita saling berbagi pengalaman, ke depannya kita bisa mengatasi berbagai tantangan," imbuh dia. 

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyambut positif kunjungan Tariq. Menurutnya, diskusi hari ini tidak hanya membahas persoalan di dua negara, melainkan membahas persoalan isu keagamaan di dunia, khususnya menyangkut aksi terorisme. 

"Intinya kita harus sama-sama mengatasi itu semua. Bagaimana agama tidak dibajak oleh orang-orang tertentu yang hanya mementingkan diri sendiri. Agama tidak boleh digunakan untuk memecah belah kita. Semangat ini yang harus kita galang bersama. Kami berharap agar kerja sama yang baik antarkedua negara ini bisa terus dilanjutkan," kata Lukman.





(REN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id