Mendes PDTT Imbau Perantau Aktif Sosialisasikan dan Awasi Dana Desa

Anggi Tondi Martaon 12 Juni 2018 14:05 WIB
Berita Kemendes PDTT
Mendes PDTT Imbau Perantau Aktif Sosialisasikan dan Awasi Dana Desa
Di sejumlah daerah mulai dari Sabang sampai Merauke terpampang baliho capaian Dana Desa (Foto:Dok.Kemendes PDTT)
Jakarta: Mudik merupakan tradisi yang turun temurun dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia menjelang Idulfitri. Hal itu dilakukan kaum perantau demi merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta di tanah kelahiran.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo berharap mudik yang dilakukan tidak hanya sekadar pulang kampung. Lebih dari itu, kaum perantau diharapkan memberikan inspirasi untuk membangun desa.

"Kembali ke desa mengisi waktu liburan, jangan hanya membayangkan sekadar main ke pantai atau naik gunung. Esensi liburan adalah suasana baru, memandang dunia yang lebih luas, sehingga mendapatkan sudut pandang baru untuk mencari ide dan inspirasi untuk terwujudnya pembangunan desa yang lebih baik dan berkembang lagi," kata Eko dalam keterangan tertulis, Selasa, 12 Juni 2018.




Inspirasi yang dimaksud bisa dalam berbagai bentuk. Salah satunya dengan membagi cerita dan pengalaman baru yang ditemui saat merantau.

Untuk merealisasikan ide tersebut juga sudah lebih mudah melalui Dana Desa. Namun, realisasinya tentu harus dilakukan dengan benar dan melalui pengawasan.

Oleh karenanya, Eko juga meminta agar para perantau juga ikut mengawasi implementasi Dana Desa selain menyalurkan ide kreatif membangun desa. Dia meyakini, implementasi Dana Desa akan semakin maksimal jika diawasi bersama-sama.



"Jangan lupa, terus sampaikan dan sosialisasikan manfaat Dana Desa di wilayah sekitarmu agar bisa bersama-sama memantau, mengawal, dan menjalankan dengan baik proses pemanfaatan Dana Desa," ujar dia.

Terkait Dana Desa, di sejumlah daerah mulai dari Sabang sampai Merauke terpampang baliho capaian Dana Desa. Mulai dari Jawa Barat, Lampung, Bangka Belitung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Pandeglang, Yogyakarta, Sumatera Barat, Bali, Jambi, Maluku Utara, hingga Papua Barat.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id