Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F. Moeloek. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F. Moeloek. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen

Menkes Belum Mampu Atasi TBC

Nasional tuberkolosis
Sunnaholomi Halakrispen • 24 Maret 2018 09:51
Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F. Moeloek menyatakan, hingga saat ini terdata lebih dari 1 juta kasus tuberculosis (TBC) di Indonesia. Hanya sepertiga dari jumlah tersebut yang ditemukan dan diobati.
 
"Diperkirakan di Indonesia ada 1.020.000 kasus TBC baru dan baru sepetiganya yang ditemukan dan diobati," ujar Nila di Lapangan Silang Monas Sisi Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 Maret 2018.
 
Dua per tiga atau sekitar 67 persen lainnya diakui Nila belum dapat ditemukan atau kemungkinan sudah ditemukan namun tidak dilaporkan kepada Kemenkes.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data yang didapatkan Nila, Indonesia merupakan negara peringkat kedua di dunia, setelah India, yang memiliki kasus TBC terbanyak dan fasilitas kesehatan yang minim. Kekurangan yang dimiliki tersebut, dinyatakan Nila bahwa Kemenkes tidak dapat menyelesaikan persoalan kasus TBC tanpa bantuan pihak lain.
 
Baca: Pengobatan Tuberkulosis yang Tak Mempan, Bisa Jadi Pertanda Kanker Paru
 
"Kami tentu ingin melakukan satu kerjasama, baik dari kementerian kesehatan dengan berbagai pihak," ucap Nila dalam sambutannya di Perayaan Hari Tuberkulosis Sedunia.
 
Dalam mengatasi kasus, Nila mengutarakan upaya yang telah dilakukannya, salah satunya dengan mengadakan sosialisasi terkait TBC kepada seluruh masyarakat Indonesia. Pada Hari TBC Internasional pun diperingati serentak di 34 provinsi.
 
"Hari TB sedunia ini dilakukan di 34 provinsi, di mana kemenkes, puskesmas, organisasi masyarakat, dan pihak lain, selama dua minggu sejak tgl 5 Maret melakukan kegiatan mengunjungi masyarakat, meningkatkan pngetahuan," papar Nila.
 

(DMR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif