Foto bule kencing yang diunggah ulang oleh akun Instagram @pendakimusiman.
Foto bule kencing yang diunggah ulang oleh akun Instagram @pendakimusiman.

Viral Bule Kencing di Puncak Gunung Bromo, Ini Aksi-Aksi Bule Berkelakuan Minus di Tempat Sakral

Muhammad Syahrul Ramadhan • 15 September 2022 13:12
Jakarta: Aksi tidak terpuji turis asing di tempat sakral di Indonesia terjadi lagi. Terbaru, seorang wisatawan mancanegara kencing di atas puncak Gunung Bromo, Jawa Timur.
 
Tindakan tercela bule tersebut pertama kali diketahui melalui unggahan foto akun Instagram @hometown.earth yang belakangan sudah dihapus. Foto tersebut lalu diunggah ulang akun @pendakimusiman.
 
"Kelakuan buruk turis di Gunung Bromo, Gunung Bromo ini gunung suci yang sangat disakralkan dan dihormati oleh suku Tengger. Jangankan kencing begini, kita di sunrise point saja kencing dilarang menghadap ke Gunung Bromo," tulis unggahan @pendakimusiman seperti dilihat Medcom.id, Kamis, 15 September 2022.

Respons TNBTS

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS) menyayangkan aksi yang dilakukan bule tersebut. Sebab, aksi tersebut dinilai tidak etis, apalagi Gunung Bromo disucikan dan dihormati oleh masyarakat Suku Tengger.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami prihatin, kecewa dan menyayangkan atas kejadian atau perilaku yang dilakukan wisatawan tersebut. Selain tidak etis karena kencing di sembarang tempat juga mencederai kesakralan lokasi yang dihormati oleh masyarakat Tengger," kata Kasubbag Data Evaluasi Pelaporan dan Humas BB-TNBTS, Sarif Hidayat, Rabu, 14 September 2022.

Aksi-aksi bule minim attitude di tempat sakral

Aksi bule asing minim attitude di tempat-tempat sakral di Indonesia bukan yang pertama. Tercatat di tahun 2022 ada beberapa bule yang melakukan tindakan tercela dan viral di media sosial, berikut rangkumannya:

1. Bule bugil di tempat suci di Bali

Pada Mei 2022 lalu viral konten video bugil wanita warga negara asing (WNA) di sebuah pohon di wilayah Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan Bali. Padahal pohon tersebut disakralkan oleh warga sekitar.
 
Viral Bule Kencing di Puncak Gunung Bromo, Ini Aksi-Aksi Bule Berkelakuan Minus di Tempat Sakral
(Tangkap layar video bule telanjang di sebuah pohon di wilayah Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali)
 
Dalam rekaman tersebut terlihat seorang WNA perempuan berpose layaknya memeluk batang pohon tua yang dikabarkan telah berusia 700 tahun. Pohon tua itu disebut-sebut sakral oleh penduduk setempat.
 
Pohon tua tersebut berada di kawasan suci Pura Babakan, Desa Tua, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan. Rekaman perempuan tanpa busana ini pertama kali viral dari potongan unggahan di akun pribadinya @alina_yogi.
 
Aksinya tidak mengohormati tempat suci itu pun mendapat banyak kecaman. Turis asing itu pun akhirnya meminta maaf atasan tindakan tercela itu.
 
"Saya mohon maaf kepada seluruh masyarakat Bali dan Indonesia, saya menyesali perbuatan saya," ucapnya melalui akun Instagram alina_yogi.
 
"Saya sangat malu, saya tidak bermaksud menyinggung Anda dengan cara apa pun, sama sekali tidak ada pengetahuan tentang tempat ini," lanjut dia.

2. Turis asing naik pohon beringin

Aksi viral bule melecehkan tempat suci juga terjadi pada Juni lalu. Seorang turis asing asal Australia memanjat pohon beringin Pura Dalem dan Pura Prajapati di Desa Adat Kelaci Kelod, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Tabanan. Hal itu ia lakukan untuk koten.

3. Pelecehan Petirtaan di Petirtaan Monkey Forest

Pada 2019 lalu viral video sepasang wisatawan mancanegara pelecehan di Monkey Forest, Desa Padangtegal, Kecamatan Ubud, Bali. Video tersebut diunggah oleh warga negara asing (WNA) asal Rusia, Sabina Dolezalova, dalam akun Instagramnya @sabina_dolezalova_ifbb.
 
Dalam video itu terlihat Jdenek Slova pasangan Sabina, menggunakan  air suci yang mengucur dari pelinggih untuk membersihkan bagian bokong Sabina. Akibat video menimbulkan kontra itu, pasangan meminta maaf.
 
Viral Bule Kencing di Puncak Gunung Bromo, Ini Aksi-Aksi Bule Berkelakuan Minus di Tempat Sakral
(Tangkap layar Instagram Niluh Djelantik)
 
 
Baca juga: Viral Polusi Suara Canggu, Sandiaga Ingatkan Etika Berwisata

 
(RUL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif