Puluhan ribu buruh hadiri Mayday Fiesta 2022. Foto: Dok/Metro TV
Puluhan ribu buruh hadiri Mayday Fiesta 2022. Foto: Dok/Metro TV

Serangkaian Acara Meriahkan May Day Fiesta 2022

Nasional Demo Buruh May Day gbk Omnibus Law Ucapan Selamat Hari Buruh
MetroTV • 14 Mei 2022 15:47
Jakarta: Puluhan ribu buruh mengikuti aksi May Day Fiesta di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional. Selain penyampaian orasi dan sejumlah tuntutan buruh, acara ini juga akan dimeriahkan oleh konser musik.
 
“Tadi pukul 10.00-12.00 WIB para buruh melakukan orasi serta menyampaikan tuntutannya di depan gedung DPR/MPR RI yang diikuti sekitar 15.000-20.000 buruh,” reporter Metro TV Glory Natha melaporkan langsung dari Gelora Bung Karno dalam tayangan Headline News, Sabtu, 14 Mei 2022.
 
Adapun tuntutan yang disuarakan para buruh terdiri dari 18 tuntutan. Sebanyak tiga tuntutan di antaranya merupakan tuntutan utama, yaitu para buruh meminta pemerintah segera membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020. Pemerintah juga diminta tidak melanjutkan wacana revisi Undang-Undang Serikat Pekerja Nomor 21 Tahun 2000, dan pemerintah diminta segera mengendalikan harga bahan pokok serta sembako.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Para buruh berharap agar tuntutan tersebut dapat dikabulkan. Para buruh juga bertekad akan maju menggunakan hak politiknya pada pemilihan umum 2024 mendatang,” ujar Glory.
 
Serangkaian acara hiburan seperti konser musik maupun penampilan tari daerah pun akan dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan dengan dihadiri sekitar 60.000 buruh. Selain serikat buruh, May Day Fiesta 2022 juga dihadiri oleh sejumlah menteri serta pimpinan serikat buruh asing, di antaranya dari Finlandia, Jerman, dan Australia.
 
“Akan ada kunjungan dari Kapolri, Kapolda, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Perdagangan, dan Menteri Perindustrian. Mereka sudah terkonfirmasi akan hadir di May Day Fiesta 2022,” ungkap Glory. (Fatha Annisa)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif