Ilustrasi tes laboratorium. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi tes laboratorium. Medcom.id/M Rizal

754 Siswa Secapa AD Menjalani Uji Obat Covid-19

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 16 Agustus 2020 19:16
Jakarta: Sebanyak 754 siswa Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, Jawa Barat, telah menjalani uji obat covid-19. Obat tersebut dikembangkan oleh Universitas Airlangga, TNI AD, dan Badan Intelijen Negara (BIN).
 
"Betul, uji klinis pada pasien covid-19 dengan derajat ringan, sedang, dan berat yang tidak menggunakan ventilator," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal (Brigjen) Nefra Firdaus kepada Medcom.id, Minggu, 16 Agustus 2020.
 
Nefra mengutip pernyataan Wakil Ketua Pelaksana I Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Jenderal Andika Perkasa. Andhika mengatakan sebanyak 754 siswa Secapa AD menjalani uji coba obat tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari 1.127 subjek yang diperiksa, yang memenuhi kriteria 754 orang," ujar Nefra.
 
Baca: Jakarta Jadi Penyumbang Kasus Covid-19 Terbanyak
 
Jumlah tersebut, kata Nefra, melampaui syarat kriteria minimal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Syarat minimal dari BPOM yakni 696 orang.
 
Perawatan terhadap siswa Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Bandung, Jawa Barat, yang terinfeksi virus korona berjalan baik. Sebanyak 1.308 siswa dinyatakan sembuh dari virus berbahaya itu.
 
"Tidak ada lagi yang positif," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal (Brigjen) Nefra Firdaus dalam keterangan tertulis, Sabtu, 15 Agustus 2020.
 
Menurut dia, kepastian ini didapat melalui tes swab polymerase chain reaction (PCR). Berdasarkan hasil pemeriksaan terakhir, empat siswa dinyatakan sembuh. Mereka menjadi penutup kasus covid-19 yang mewabah di Secapa AD.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif