Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Anies Bantah Studi Banding ke Luar Negeri

Nasional kunjungan kerja
Kautsar Widya Prabowo • 17 Agustus 2019 01:00
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku baru empat kali melakukan perjalanan dinas ke luar negeri selama tahun 2019. Semuanya ia hadiri sebagai undangan.
 
Perjalanan Anies dimulai pada 1 Maret 2019, saat menjenguk almarhum Ani Yudhoyono di National University Hosipital (NUH) Singapura. Kedua, pada 3 Mei lalu saat Anies diundang sebagai pembicara The Pyramid's Annual Post-AGM Gala Dinner di hadapan pemimpin Singapura.
 
Ketiga, pada 20-21 Mei menghadiri pertemuan Urban 20 (U20), di Tokyo, Jepang. Terakhir ia berdinas ke Medellin, Kolombia dan Amerika Serikat, sebagai pembicara pada pertemuan pemimpin kota sedunia The World Cities Summit Mayora Forum 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya harus garis bawahi semua kepergian saya kesana adalah undangan untuk berbicara, bukan inisiatif pribadi untuk studi banding tidak ada," ujar Anies di Gedung DPRD, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Anies memastikan semua perjalananya tersebut telah disetujui oleh pemerintah. Topik perjalanan ke luar negeri mencuat saat Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya, meminta wakil rakyat tidak perlu melakukan studi banding ke luar negri. Lantaran dapat dilakukan melalui gawai.
 
Sebabnya Anies mengaku semua perjalannya bukanlah untuk studi banding. Ia membantah keras jika ada yang menuding sebagai akal-akalannya untuk melancong.
 
Lantaran ia sudah cukup puas untuk melakukan perjalanan ke luar negeri untuk menjadi narasumber sebelum menjabat sebagai gubernur. "Saya bukan menyombongkan diri, tapi supaya pada sadar ini kalau soal jalan-jalan sudah lewat saya," pungkasnya.
 

(NUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif