Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Dok. Metro TV
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. Dok. Metro TV

Tarik Wisatawan, Sulawesi Selatan Suguhkan Wisata Alam Hingga Budaya

Nasional pariwisata indonesia wisata budaya Media Group Wisata Alam Konvergensi MGN Media Group News Summit Indonesia 2021
Kautsar Widya Prabowo • 28 Januari 2021 19:57
Jakarta: Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) disebut memiliki beragam destinasi wisata yang menyuguhkan pemandangan indah. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga bahari yang tersebar di daerah tersebut.
 
"Kalau kita bicara wisata alam, kita punya pemandian air panas Lejja (di Kabupaten Soppeng). Sudah dilakukan uji air dan komposisi belerangnya. Ini sangat cocok untuk kesehatan," ujar Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah dalam acara Media Group News (MGN) Summit Indonesia 2021 dengan tema 'Wonderful Indonesia: Reviving The Tourism Industry', di Grand Studio Metro TV, Jakarta Barat, Kamis, 28 Januari 2021. 
 
Nurdin menyebut wisata pemandian air panas cukup digemari wisatawan asal Jepang. Sebab, destinasi wisata tersebut serupa dengan pemandian air panas di Negara Sakura. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau di Jepang kita berendam di alam bebas. Nah ini sekarang coba (kita) dorong wisata untuk domestik dan mancanegara," jelasnya.
 
Baca: 2022, Indonesia Diproyeksikan Menjadi Lokasi Wisata Favorit di Asia Tenggara
 
Nurdin mengatakan ada beberapa wisata budaya yang juga menjadi destinasi favorit wisatawan domestik dan mancanegara. Misalnya, menyaksikan upacara pemakaman di Toraja, melihat kehidupan Suku Kajang dengan busana serba hitam, serta melihat produksi kapal pinisi di Kabupaten Bulukumba. 
 
Sulsel juga memiliki tiga lokasi wisata bahari yang dapat memanjakan mata wisatawan. Yaitu Kepulauan Spermonde, Pantai Tanjung Bira, dan Taman Nasional Taka Bonerate di Kepualuan Selayar.
 
"Saya kira ini semua luar biasa. Oleh karena itu, Mas Menteri (Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno) beliau sudah kunjungi (Kepulauan Selayar) pasti melihat keindahan yang luar biasa," jelasnya. 
 
MGN Summit merupakan hybrid event yang berupaya menemukan solusi di tengah pandemi. Acara yang mengambil tema "Solusi Maju Bersama' ini menggabungkan konsep off air dan on air yang terbagi ke dalam beberapa sesi. Dalam setiap sesinya, hadir beberapa pembicara dari perwakilan pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga para ahli. 
 
Salah satu elemen penting dari MGN Summit ini adalah paparan hasil survei dari News Research Center (NRC) Media Group News. Survei dilakukan secara nasional di 34 provinsi di Tanah Air. Survei ini menjadi pemantik dalam pembahasan di MGN Summit. 
 
Ada empat hal yang disoroti dalam survei, yakni pemulihan ekonomi (economic recovery), kesehatan masyarakat (public health), energi hijau (energy go green), dan pariwisata (tourism). Di luar empat tema besar itu, MGN Summit juga akan membahas permasalahan terkini, terutama antisipasi dampak gelombang baru covid-19.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif