Ilustrasi rapid test antigen/Medcom.id
Ilustrasi rapid test antigen/Medcom.id

Satgas Jamin Pengawasan Ketat Persyaratan Perjalanan di Perbatasan Daerah

Nasional Virus Korona libur natal natal dan tahun baru Satgas Covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 23 Desember 2020 08:43
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menjamin pengawasan ketat terhadap perjalanan darat di perbatasan daerah. Satgas daerah diminta aktif melakukan tugas itu saat libur Natal dan Tahun Baru.
 
"Sebagai upaya screening terhadap pelaku perjalanan," kata juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 22 Desember 2020.
 
Wiku mengatakan satgas akan menurunkan tim pemeriksaan di titik-titik tertentu. Petugas ditempatkan di pos pengamanan terpadu di terminal atau rest area.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Satgas daerah akan melakukan sidak di titik-titik tertentu, pemerintah tetap menganjurkan masyarakat melakukan tes (covid-19) sebagai bentuk tanggung jawab sebagai pelaku perjalanan," tegas Wiku.
 
Pemerintah telah mengatur syarat perjalanan dalam dan luar negeri saat libur Natal dan Tahun Baru. Syarat yang berlaku sejak 19 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 itu juga mengatur ketentuan rapid test antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri.
 
Syarat perjalanan yang harus menggunakan rapid test antigen meliputi perjalanan ke Pulau Bali melalui darat dan laut, serta seluruh pulau di Indonesia ke Pulau Jawa melalui udara, darat, dan laut. Kemudian perjalanan antar kabupaten atau kota dan provinsi di Pulau Jawa.
 
Ketentuan persyaratan perjalanan ke Pulau Bali atau melalui udara harus melakukan polymerase chain reaction (PCR). Sedangkan perjalanan dari dan ke seluruh pulau di Indonesia, kecuali Jawa dan Bali, menggunakan rapid test antibodi.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif