Menteri Susi Pudjiastuti. Foto: MTVN/Tri Kurniawan
Menteri Susi Pudjiastuti. Foto: MTVN/Tri Kurniawan

Menteri Susi Temukan Kasus Manipulasi Ukuran Kapal

03 Maret 2017 19:37
medcom.id, Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menemukan ukuran kapal penangkap ikan yang tidak sesuai keterangan dalam Surat Izin Kapal Penangkapan Ikan (SIKPI). Kasus itu ia ketahui saat inspeksi di Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru, Jakarta Utara.
 
Menteri Susi inspeksi ke Pelabuhan Nizam Zachman Muara Baru didampingi Direktur Jenderal Perikanan
Tangkap Sjarief Widjaja, Ketua Tim Satgas 115 Mas Achmad Santosa, dan Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jakarta Pung Nugroho Saksono. Ia menghampiri awak kapal perikanan KM Sido Tambah Santoso 01.
 
Susi bertanya kepada nahkoda KM Sido Tambah Santoso 01 Joko Purwanto soal negara pembuat KM Sido Tambah Santoso 01. Ia mengatakan, KM Sido Tambah Santoso 01 yang menangkap cakalang dan baby tuna sudah curang dengan memanipulasi ukuran gross tonnage (GT) kapal untuk menghindari pajak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada badan kapal tertulis 97 GT, namun setelah dilakukan pengukuran ulang, ternyata kapal tersebut berukuran 195 GT. Susi meminta PSDKP segera menginvestigasi untuk mengungkap aktor di balik kecurangan itu . Susi menegaskan bahwa kecurangan tersebut telah merugikan negara.
 
Sedangkan Pung Nugroho mencurigai adanya keterlibatan asing dalam kecurangan ini melalui permodalan. Modusnya, kapal dibuat sebagai milik masyarakat lokal, tetapi kemudian sahamnya dijual kepada asing.
 
"Kapal eks-asing memang sudah kita hentikan semua, kita musnahkan. Tapi yang namanya kejahatan atau kecurangan, selalu menemukan celah-celah," ujar Pung. (Antara)
 
(TRK)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif