Siaran TV analog di 166 kabupaten kota dimatikan per 30 April 2022. Foto: Dok/Metro TV
Siaran TV analog di 166 kabupaten kota dimatikan per 30 April 2022. Foto: Dok/Metro TV

Pemerintah Resmi Berlakukan ASO Tahap I 30 April 2022

Nasional Kominfo Migrasi Siaran
MetroTV • 30 April 2022 05:11
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI mulai melakukan migrasi TV analog ke TV digital atau Analog Switch Off (ASO) tahap pertama pada Sabtu, 30 April 2022. ASO bersifat permanen, sehingga pemerintah mengimbau masyarakat untuk segera memasang set up box (STB) atau mengganti TV.
 
Menjelang migrasi ke TV digital, sejumlah persiapan telah dilakukan seperti pembangunan infrastruktur multiplex, sosialisasi, dan koordinasi antara Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI serta Lembaga Penyiaran Swasta (LPS).
 
“Pembangunan infrastruktur multiplex untuk tahap I infrastruktur multiplex di 56 wilayah siaran, 166 kabupaten kota telah selesai dan siap digunakan,” tutur Menkominfo Johnny G. Plate dalam tayangan Primetime News di Metro TV, Jumat, 29 April 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain koordinasi, Kemenkominfo juga berkolaborasi dengan LPP dan LPS multiplex untuk membentuk Satuan Tugas (Satgas) pengawasan lapangan. Pembentukan Satgas bertujuan mengawasi distribusi dan pemasangan STB yang diamanatkan oleh aturan atau keluarga miskin.
 
Plate menambahkan, LPP dan LPS memiliki komitmen untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat meskipun upaya sosialisasi ASO telah dilakukan lebih dari enam bulan. Sosialisasi tersebut dilakukan agar lebih tepat sasaran.
 
Sementara itu, Kemkominfo dan TVRI masih perlu membangun 32 infrastruktur multiplex untuk melakukan ASO tahap kedua dan ketiga. (Hana Nushratu)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif