Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kantor BPJS Kesehatan Digeledah Terkait Kasus Dugaan Kebocoran Data

Siti Yona Hukmana • 25 Juni 2021 17:32
Jakarta: Penyidik Bareskrim Polri menggeledah kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Penggeledahan ini untuk menyelidiki kasus dugaan kebocoran data pribadi terhadap 279 juta nasabah BPJS Kesehatan.
 
"Telah dilakukan penggeledahan pada tanggal 8,9 dan 10 Juni 2021 di kantor BPJS Kesehatan terhadap server BPJS Kesehatan di Jakarta Pusat," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, 25 Juni 2021. 
 
Dari penggeledahan itu, polisi menyita dua laptop. Sementara Tim Forensik Siber Bareskrim Polri telah memeriksa database BPJS Kesehatan yang ada di dalam laptop tersebut. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saat ini masih dilakukan analisis dan pemeriksaan forensik terhadap dua laptop yang digunakan," ujar Ramadhan. 
 
Baca: Identitas Pembocor Data BPJS Kesehatan Terendus
 
Ramadhan menjelaskan pihaknya juga telah mengirimkan permohonan penerbitan izin khusus sita geledah ke Pengadilan Negeri Surabaya via pos. Penggeledahan dilakukan terkait lokasi server pusat pemulihan data BPJS Kesehatan di Kantor PT Sigma di Surabaya.
 
"Telah diterima data/informasi dari PT S berupa hasil pentest," ungkap Ramadhan.
 
Penyidik kini tengah menganalisis seluruh data yang dikumpulkan. Penetapan tersangka dilakukan jika menemukan dua alat bukti yang cukup. 
 
Data 279 juta penduduk Indonesia mengalami kebocoran dan diperdagangkan secara di salah satu forum dunia maya. Data warga Indonesia ini dijual dan disebut memiliki informasi pribadi lengkap.
 
Informasi pribadi dalam data bocor tersebut meliputi Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, alamat, nomor telepon, bahkan dikabarkan juga termasuk informasi menyoal jumlah gaji. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menginvestigasi kebocoran data tersebut dan menemukan kemiripan data dengan format milik BPJS Kesehatan.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif