Seorang buruh dari Aliansi Buruh Karawang melakukan aksi vandalisme saat mengikuti aksi Hari Buruh Internasional (May Day) di klawasan By Pass, Karawang, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019)--Medcom.id/ Ibnu Chazar/ama.
Seorang buruh dari Aliansi Buruh Karawang melakukan aksi vandalisme saat mengikuti aksi Hari Buruh Internasional (May Day) di klawasan By Pass, Karawang, Jawa Barat, Rabu (1/5/2019)--Medcom.id/ Ibnu Chazar/ama.

Anarko Sindikalisme di Tengah May Day

Nasional hari buruh
K. Yudha Wirakusuma, Siti Yona Hukmana, Cindy, Muhammad Syawaluddin • 03 Mei 2019 16:12
Jakarta: Anarko Sindikalisme sebenarnya bukan gerakan baru di Indonesia. Pada 2008, polisi pernah menangkap ratusan orang anggota Anarko Sindikalisme yang tergabung dalam Jaringan Anti-Oritarian, saat berunjuk rasa dalam peringatan Hari Buruh Sedunia.
 
Di depan Wisma Bakrie mereka menuntut pertanggungjawaban Aburizal Bakrie atas peristiwa lumpur Lapindo. Aksi diwarnai pembakaran ondel-ondel yang diibaratkan sebagai Aburizal Bakrie. Penangkapan ratusan orang kelompok Anarko Sindikalisme disebut-sebut memperlambat pertumbuhan gerakan anarkis di Indonesia.
 
Anarko Sindikalisme adalah cabang dari anarkisme yang berkonsentrasi kepada pergerakan buruh. Sindikalis berasal dari bahasa Prancis yang bermakna "serikat buruh". Para penganut ideologi ini disebut dengan Anarko-Sindikalis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anarko-Sindikalis berpendapat, serikat buruh merupakan kekuatan yang potensial untuk menuju kepada revolusi sosial, menggantikan kapitalisme dan negara dengan tatanan masyarakat baru yang mandiri dan demokratis oleh kelas pekerja.
 
Anarko-Sindikalis memandang serikat buruh berpotensi sebagai kekuatan revolusioner untuk perubahan sosial, mengganti sistem Kapitalisme dan negara dengan sebuah masyarakat baru yang dikelola secara demokratis oleh kaum pekerja.
 
Anarko-Sindikalis berupaya menghapuskan sistem kerja-upah dan negara atau kepemilikan pribadi terhadap alat produksi, yang menurut mereka menuntun pada pembagian kelas. Anarko-Sindikalis merupakan aliran gerakan anarkis yang populer dan aktif hingga hari ini. Gerakan Anarko-Sindikalis memiliki pendukung yang cukup banyak di dunia dengan berbagai organisasinya di berbagai belahan dunia.
 
Setelah 21 tahun, kelompok Anarko Sindikalism kembali muncul. Mereka ikut turun ke jalan di Hari Buruh Sedunia dan dituding sebagai kericuhan. Di Bandung, kelompok Anarko Sindikalisme terlibat gesekan dan melakukan aksi vandalisme.
 
Ratusan Orang Ditangkap
 
Ratusan orang dari kelompok dengan identitas huruf A besar berada dalam lingkaran ini ditangkap. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan Polda Jabar mengidentifikasi ada 619 anggota Anarko Sindikalisme yang terdiri dari 326 dewasa dan 293 remaja. Pola penanganan kepolisian untuk pelaku di bawah umur yakni pembinaan dari orangtua.
 
"Tataran (pendidikan) paling tinggi kuliah, ada yang SMA, bahkan ada yang SMP," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Polisi menetapkan dua anggota Anarko Sindikalisme sebagai tersangka perusakan dan vandalisme di Bandung, Jawa Barat. Dua pelaku yang melakukan vandalisme di Bandung dijerat dengan Pasal 170 KUHP tentang perusakan terhadap barang atau orang. Kerugian yang timbul dari ulah pelaku ditaksir mencapai Rp3,5 juta.
 
Aksi Anarco Sindikalisme di Makassar
 
Di Makassar, 19 orang yang diduga sebagai pelaku vandalisme dan perusakan salah satu tempat makan di Jalan AP. Pettarani ditangkap. Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, AKBP Indratmoko menjelaskan, 19 orang yang merupakan kelompok Anarko Sindikalism ini diduga melakukan tindakan perusakan dan vandalisme.
 
Mereka diringkus di tempat terpisah di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa sejak Rabu, 1 Mei 2019 lalu. "Hingga Kemarin kita amankan 9 orang, dan hari ini kami mengamankan sebanyak 10 orang sejak semalam," beber Indratmoko.
 
Indratmoko juga menegaskan bahwa pihaknya terus mendalami motif dan pelaku lain yang terlibat dalam kasus pengrusakan dan aksi coret-coret pada momentum hari buruh.
 
Diduga Provokasi di Surabaya
 
Sementara itu, lima orang kelompok anarco sindikalism ditangkap di Surabaya. Dihimpun beberapa sumber, lima orang tersebut diduga berniat melakukan provokasi dalam peringatan May Day 2019 di depan Gedung Grahadi, Surabaya, Rabu, 1 Mei 2019.
 
Dua Tersangka di Malang
 
Polisi juga menetapkan dua tersangka anggota Anarko Sindikalism di Malang, Jawa Timur. Dua tersangka dijerat dengan Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dan Pasal 489 KUHP tentang pelanggaran terhadap keamanan umum bagi orang atau barang dan kesehatan.
 
Vandalisme di Jakarta
 
Di Jakarta aksi vandalisme terjadi di beton pembatas jalan mencoreng peringatan May Day di kawasan Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat. Vandalisme itu bertuliskan, "Rakyat Anti Kapitalisme May Day Rezim Fasis."
 
Lokasi vandalisme berada di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) arah Istana Negara, tepatnya di kawasan Patung Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat. Massa mencoret pembatas itu pada siang hari
 
Polisi yang berjaga tak acuh. Padahal vandalisme itu terjadi di dekat barikade polisi. Belum diketahui siapa pelaku vandalisme fasilitas publik tersebut.
 
Baca: BIN Dilibatkan Ungkap Anarko Sindikalism
 
Polisi serius dalam menyelidiki kelompok Anarko Sindikalism di Indonesia. Bahkan
Polri bakal menggandeng beberapa instansi untuk mengindentifikasi dan memetakan kelompok . Instansi yang bakal terlibat yakni Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Badan Intelijen Negara (BIN).
 
"Karena ini merupakan suatu kelompok atau organisasi nanti masalah legalnya dari Kemenkumham. Kemudian dari BIN juga nanti akan memberikan kontribusi kepada Polri," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Hingga kini, polisi masih menelusuri jaringan Anarko Sindikalisme di beberapa kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan Makassar.
 
Selain di Indonesia, Anarko Sindikalism juga turun di beberapa negara lain. Seperti di Australia, Perancis dan Turki.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif