Menkopolhukam Wiranto di Mimika, Papua. Foto: Antara/Sevianto Pakiding
Menkopolhukam Wiranto di Mimika, Papua. Foto: Antara/Sevianto Pakiding

Papua Aman Terkendali

Nasional papua Kerusuhan Manokwari
Faisal Abdalla • 10 Oktober 2019 04:25
Timika: Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menegaskan situasi keamanan dan ketertiban di seluruh wilayah Papua sudah membaik. Namun Wiranto meminta aparat dan masyarakat tetap waspada.
 
"Secara keseluruhan Papua sudah aman terkendali. Walau harus tetap waspada. Saya minta situasi ini betul-betul dikendalikan Kepolisian dan TNI," kata Wiranto seperti dilansir dari Antara, Rabu, 9 Oktober 2019.
 
Wiranto tiba di Timika, Papua didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada Rabu siang. Kedatangan Wiranto untuk menemui para pengungsi korban kerusuhan Wamena dan Ilaga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut pihaknya bakal menampah pasukan TNI dan Polri ke Wamena dan Ilaga. Ini dilakukan agar situasi di kedua daerah itu benar-benar pulih sepenuhnya dan para pengungsi yang masih tinggal di posko bisa kembali ke tempat tinggalnya.
 
"Keamanan itu kewajiban negara, kewajiban TNI dan Polri. Makanya saya datang ke Papua dengan membawa serta Panglima TNI dan Kapolri. Kondisi Wamena sudah aman, di Ilaga kami dapat laporan sudah aman, apalagi Jayapura sudah sangat normal. Tugas kita sekarang meyakinkan saudara-saudara pengungsi bahwa keadaan sudah normal," ujarnya.
 
Pangdam XVII Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menegaskan jajaranya siap membantu Polri dalam menjaga stabilitas di Papua. Penambahan pasukan ke Wamena dan Ilaga akan disesuaikan dengan eskalasi keamanan di kedua wilayah tersebut.
 
"Kita lihat perkembangan ke depan. Apabila ada permasalahan yang membutuhkan dukungan dari kita (TNI), tetap kita akan membantu kepolisian untuk mengamankan wilayah," ujarnya.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif