Diskusi Refleksi Kehidupan Sosial dan Politik Indonesia 2019 di Hotel Santika, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Diskusi Refleksi Kehidupan Sosial dan Politik Indonesia 2019 di Hotel Santika, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019 (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Sosialisasi Pancasila ke Generasi Muda harus Gunakan Metode Kekinian

Nasional BPIP
Anggi Tondi Martaon • 04 Desember 2019 18:08
Jakarta: Menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda tak semudah membalik telapak tangan. Perlu pendekatan baru.
 
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyadari hal itu. BPIP harus mampu membumikan Pancasila kepada generasi muda. Jangan sampai ideologi bangsa dan negara itu hilang tergerus paham dari luar.
 
Dewan Pengarah BPIP Andreas Anangguru Yewangoe mengatakan banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam diri anak muda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira kita sudah memasuki revolusi 4.0 dan saya kira itu bukan hal yang sederhana karena akan terjadi lompatan peradaban. Sudah diprediksi pada 2050 peradaban luar biasa loncatannya," kata Andreas usai mengikuti diskusi Refleksi Kehidupan Sosial dan Politik Indonesia 2019 di Hotel Santika, Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Turut hadir dalam diskusi tersebut Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Anggota Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Wisnu Bawa Tenaya, Deputi Pengkajian dan Materi BPIP Adji Samekto, dan tamu undangan lainnya.
 
Lebih lanjut, Andreas mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Presidential Lecture 2019. Jokowi menyebutkan menyosialisasikan Pancasila kepada anak muda tidak bisa dilakukan melalui cara konvensional.
 
Sosialisasi Pancasila ke Generasi Muda harus Gunakan Metode Kekinian
Dewan Pengarah BPIP Andreas Anangguru Yewangoe (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
Andreas mengamini ucapan Jokowi. Anak muda Indonesia tidak tahan dengan cara konvensional dalam menyosialisasikan Pancasila.
 
“Kalau pada masa lampau banyak sekali penataran, kan banyak sekali ceramah. Apakah generasi muda kita tahan dengan cara seperti itu? Ceramah berjam-jam. Saya rasa tidak. Harus lebih ke arah yang fun,” ucapnya.
 
Oleh karena itu, dia meminta agar BPIP menyesuaikan metode sosialisasi sehingga upaya membumikan Pancasila bisa dimaknai dengan baik oleh masyarakat Indonesia, khususnya anak muda dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
 
"Saya rasa kita harus kreatif mencari apa yang menjadi kebutuhan generasi muda," ujar dia.
 
Menyikapi tuntutan tersebut, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Baby Siti Salamah menyebutkan bahwa pihaknya beradaptasi dengan perkembangan yang ada. Terutama pemanfaatan media sosial yang sangat dekat dengan anak muda.
 
Sosialisasi Pancasila ke Generasi Muda harus Gunakan Metode Kekinian
BPIP memanfaatkan media sosial dan menggunakan pengaruh influencer dalam menyosialisasikan Pancasila kepada generasi muda (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
 
"Mereka sangat aktif menyerap dan menyebarkan informasi dari seluruh kanal media sosial, baik itu video maupun teks. Pak Presiden juga bisa mengatakan bisa melalui WhatsApp, Snap Chat, Kakao Talk, dan segala macam," kata Baby.
 
Selain itu, BPIP juga menggandeng para influencer. Diharapkan, mereka dapat menyosialisasikan Pancasila dengan cara yang kekinian.
 
"Tidak harus yang rumit. Misalnya, mendokumentasikan tentang Indonesia, ragam kekayaan budaya Indonesia, mendokumentasikan kehidupan orang Indonesia yang mendahulukan kepentingan orang banyak," katanya.
 
Tentunya para influencer tersebut akan diberikan pemahaman terlebih dahulu mengenai Pancasila. Hal itu akan dilakukan dalam waktu dekat di Bali.
 
"Kita mau mendidik influencer anak muda supaya mereka mempunyai pemahaman dulu terkait Pancasila dan bela negara. Bela negara tidak hanya angkat senjata, tapi juga membela negara melalui tubuh dan pikiran yang sehat, mental yang sehat," ujar dia.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif